BPS Prediksi ITK Papua meningkat

Logo Badan Pusat Statistik - Google.com
Logo Badan Pusat Statistik – Google.com

Jayapura, Jubi- Kepala Badan Pusat Statistik Perwakilan Papua, JB Priyono mengemukakan untuk triwulan III-2016 (Juli-Agustus 2016), angka Indeks Tendensi Konsumen (ITK) diperkirakan sebesar 114,53. Itu artinya kondisi ekonomi konsumen diperkirakan akan meningkat dibandingkan kondisinya pada triwulan II-2016. 

Peningkatan tersebut dipicu adanya perkiraan kenaikan pendapatan (nilai indeks 121,22). Perkiraan adanya kenaikan pendapatan terkait adanya perayaan Idul Fitri awal Juli 2016, tunjangan kinerja 13 bagi PNS, dan perayaan hari raya kurban pada pertengahan September. Selain itu rencana pembelian barang tahan lama, rekreasi, dan pesta atau hajatan konsumen juga diperkirakan naik walau tidak besar (nilai indeks 102,80).

Hal ini dapat dimaklumi karena konsumen cenderung berbelanja kebutuhan pangan dan sandang sebagai persiapan Idul Fitri, belanja bahan untuk perayaan hari kemerdekaan 17 Agustus, dan membeli sapi atau kambing untuk hari raya kurban.

Jika melihat dengan triwulan kedua, kata JB Priyono, naiknya kondisi ekonomi konsumen pada triwulan kedua ditunjang adanya bulan puasa dan libur sekolah pada Juni. Selain itu, adanya THR untuk swasta dan Gaji 13 dan 14 untuk PNS yang dibayarkan Juni cukup menaikkan pendapatan.

“Naiknya pendapatan pada triwulan kedua 2016 ditunjukkan oleh indeks pendapatan rumah tangga yang berada di atas 100 (nilai indeks 109,06),meskipun terjadi inflasi akibat bulan puasa namun meningkatnya pendapatan membuat daya beli konsumen di triwulan II-2016 masih cukup baik (nilai indeks 103,68),” katanya.

Rendahnya pengaruh inflasi tersebut menyebabkan tingkat konsumsi barang atau jasa naik cukup tinggi (nilai indeks 116,54).

Secara nasional pada triwulan III-2016 nanti, ITK nasional diperkirakan sebesar 109,26. Naiknya kondisi ekonomi konsumen di tingkat nasional disebabkan meningkatnya perkiraan kondisi ekonomi konsumen di seluruh provinsi, di mana ITK 17 provinsi berada di atas ITK nasional.

Loading...
;

“Perkiraan ITK tertinggi terjadi di Yogyakarta yang mencapai 117,30; sedangkan perkiraan ITK terendah terjadi di Jambi sebesar 100,43 dan Papua 114,53,” ujar dalam Berita Resmi Statistik yang diterima Jubi, (3/8/2016)/ (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top