BTM beberkan keuntungan Kota Jayapura miliki Jembatan Youtefa

Sejumlah warga menyempatkan waktu mengabadikan diri di atas jembatan Youtefa yang baru diresmikan Presiden Jokowi pada Senin (28/10/2019). - Jubi/Alex
BTM beberkan keuntungan Kota Jayapura miliki Jembatan Youtefa 1 i Papua
Sejumlah warga menyempatkan waktu mengabadikan diri di atas jembatan Youtefa yang baru diresmikan Presiden Jokowi pada Senin (28/10/2019). – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano menyatakan Kota Jayapura akan mengalami berbagai dampak positif keberadaan Jembatan Youtefa. Selain memperpendek rentang kendali pelayanan publik di Distrik Muara Tami, jembatan yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (28/10/2019) lalu itu juga meningkatkan aksesibilitas kawasan perbatasan Indonesia dan Papua Nugini.

Tomi Mano menyebut, jembatan yang membentang di atas Teluk Youtefa itu mempersingkat waktu tempuh dari pusat Kota Jayapura menuju Distrik Muara Tami. “Kalau kami menggunakan jalan yang lama, membutuhkan waktu  1-2 jam, sangat lama. Sekarang, dengan adanya jembatan itu, [dalam] 15 menit kami bisa sampai di Distrik Muara Tami,” kata Mano kepada Jubi pada Senin (29/10/2019).

Mano mengatakan pembangunan Jembatan Youtefa merupakan proyek pemerintah untuk memacu perekonomian “Jembatan Youtefa menambah infrastruktur di wilayah perbatasan. Kami akan memindahkan sebagian penduduk ke  Distrik Koya, sesuai rencana induk [pengembangan] Kota Jayapura. Koya akan dijadikan kota metropolitan,” kata BTM, sapaan akrab Benhur Tomi Mano.

Ia meyakini Kota Jayapura akan mendapat banyak manfaat positif dari keberadaan Jembatan Youtefa. Salah satunya, demikian menurut Mano, perekonomian Koya yang sejak lama menjadi sentra pertanian, peternakan, dan perkebunan terbesar di Kota Jayapura akan semakin maju.

“Akses jalan [telah] terbuka. Kota Jayapura bisa mendapatkan pasokan makanan dari arah Koya Barat. [Komoditas dari sana] bisa disalurkan ke Kota Jayapura dan kabupaten terdekat,” katanya.

Pembangunan Jembatan Youtefa juga disebut Mano akan semakin meningkatkan keamanan di wilayah perbatasan Indonesia dan Papua Nugini. “Dulu, di wilayah perbatasan Indonesia – Papua Nugini, banyak [terjadi penembakan]. Sekarang [kawasan itu] menjadi daerah wisata terbesar di Kota Jayapura,” katanya.

Loading...
;

Jembatan Youtefa juga akan mengurai kemacetan lalu lintas di Kota Jayapura. “Jumlah penduduk kota Jayapura terus meningkat dan jumlah kelahiran juga meningkat membuat kota ini semakin padat sehingga sebagai alternatifnya agar bisa akses mudah maka jembatan ini dibuka,” katanya.

Warga Dok 5, Kota Jayapura, Decky Rumbekwan mengatakan, pembangunan jembatan ini sangat baik untuk pembangunan. Akan tetapi, Rumbekwan berharap pemerintah memikirkan cara untuk memastikan masyarakat setempat akan ikut diuntungkan dari keberadaan jembatan yang membentang di atas Teluk Youtefa itu.

“Kalau soal keamanan, saya pikir tetap akan aman. Karena tugas kepolisian adalah untuk mengamankan masyarakat. Akan tetapi, pemerintah juga mempunyai kewajiban untuk mensejahterakan masyarakat,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top