Follow our news chanel

Buka posko pemantau dan pengaduan pilkada, Ramandey: Ini amanat konstitusi

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Kepala kantor Komnas HAM perwakilan Papua, Frits Ramandey mengatakan, pihaknya telah membuka posko pemantauan dan pengaduan pilkada (pilgub) Papua dan Papua Barat di kantor Komnas HAM perwakilan Papua yang beralamat di Jalan Soa Siu, Kelurahan Mandala, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura. 

Menurutnya hal ini sudah sejak awal disampaikan, bahwa Komnas HAM perwakilan Papua akan melakukan pemantauan pilkada di Papua dan Papua Barat, bekerjasama dengan mitra di daerah. 

“Secara nasional setiap kantor perwakilan membuat posko pengaduan pilgub dan pilkada. Di Papua dan Papua Barat, pengaduan dapat langsung dikirim ke Komnas HAM di Jayapura di nomor 0967521592,” kata Ramandey kepada Jubi, Kamis (21/6/2018).

Katanya, Komnas HAM terlibat pemantauan pilkada karena berhubungan dengan kewajiban konstitusi. Komnas HAM harus memastikan hak-hak konstitusi warga negara terpenuhi. Masyarakat harus dapat menyalurkan hak politiknya, yang merupakan hak konstitusi setiap warga negara. 

Lanjut dia, berdasarkan pasal 43 Undang-Undang Nomor 39 Tahun 1999 mengamanatkan Komnas HAM melakukan pemantauan, memastikan aktivitas partai politik dan pemilihan umum sebagai hak asasi manusia.

“Amanat itulah yang dilaksanakan Komnas HAM. Kami berharap masyarakat juga berpartisipasi melakukan pengawasan,” ujarnya.

Loading...
;

Sementara, Penjabat Gubernur Papua, Soedarmo mengingatkan penyelenggara wajib profesional dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya. 

Ia mengatakan, KPU, Bawaslu dan Panwas harus bekerja benar dalam pilkada tujuh kabupaten dan pilgub Papua tahun ini, karena kini bukan lagi masalah kesiapan aparat keamanan dalam mengamankan pilgub dan pilkada. 

“Polri dan TNI sudah siap melaksanakan tugasnya. Namun belajar dari masalah yang terjadi saat pelaksanaan pilkada tahun-tahun sebelumnya, tak terlepas dari tidak profesionalnya KPU, Bawaslu dan Panwas tingkat kabupaten,” kata Soedarmo belum lama ini. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top