Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Bulog Merauke hanya beli gabah, ini kata Komisi IV DPR RI

Bulog Merauke hanya beli gabah, ini kata Komisi IV DPR RI
sulaeman hamzah, anggota komisi IV DPR RI. Jubi/Frans Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi- Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang membidangi masalah pertanian, H. Sulaeman Hamzah angkat bicara setelah Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Divisi Regional (Divre) Merauke sejak 13 Juli 2020, sudah tak lagi membeli beras petani, tetapi hanya gabah.

“Setelah kemarin tiba di Merauke saya betemu Kabulog Sub Divre Merauke, Djabiruddin untuk membicarakan. Dari penjelasannya, kalau Bulog sedang mengejar kesamaan mutu yang selama ini muncul anggapan kalau kualitas berasnya nomor dua,” ujarnya.

Khusus di Kabupaten Merauke, lanjut Sulaeman, petani menjual beras. Sementara kebijakan Bulog ingin mendapatkan mutu beras berkualitas, sehingga membeli gabah dari petani sekaligus memproses menjadi beras.

Bulog Merauke hanya beli gabah, ini kata Komisi IV DPR RI 1 i Papua

“Jadi Bulog Merauke mau beli gabah. Karena dengan gabah bisa disimpan dalam waktu lama. Sedangkan beras kalau dibeli dan disimpan lama, tentu berdampak kepada kerusakan,” ujarnya.

Hal lain yang menjadi penyebab adalah masalah gudang. Karena hingga sekarang stok beras di gudang Bulog Merauke mencapai 15.000 ton. “Saya sudah sampaikan jauh-jauh hari agar Bulog menggeser ke kabupaten lain. Namun kendalanya adalah transportasi,” katanya.

“Pak Kabulog menyampaikan juga kalau belasan ribu ton beras itu segera digeser dalam waktu dekat. Sehingga masyarakat bisa kembali menjual beras mereka yang masih menumpuk,” ujarnya.

Kabulog Sub Divre Merauke, Djabiruddin beberapa waktu lalu mengatakan, untuk sementara waktu Bulog hanya menyerap gabah dengan harga Rp 5.300/kg (masuk gudang). Kalau di tingkat petani harganya Rp 4.300/kg.

Loading...
;

“Saya tidak tahu sampai kapan hanya dilakukan penyerapan gabah. Karena ini adalah keputusan dari Bulog pusat,” ungkapnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top