HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Bulog operasi pasar gula pasir di Jayapura, 1 kg Rp12.500

papua bulog operasi pasar gula
Petugas Perum Bulog Papua dan Papua Barat sedang melayani pembeli - Jubi/Ramah.
papua bulog operasi pasar gula
Petugas Perum Bulog Papua dan Papua Barat sedang melayani pembeli – Jubi/Ramah.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Guna menstabilkan harga gula pasir, Perum Bulog Papua dan Papua Barat gencar melakukan operasi pasar khusus komoditas gula pasir agar mendekati harga acuan pemerintah.

Kepala Bidang Komersial Perum Bulog Papua dan Papua Barat Dwi Yuniarko mengatakan, harga gula pasir rata-rata di pasaran Jayapura saat ini per kilogram Rp18.000 sampai Rp20.000. Harga ini lebih tinggi dibandingkan Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp12.500 per kilogram.

Bulog operasi pasar gula pasir di Jayapura, 1 kg Rp12.500 1 i Papua

Operasi pasar gula dimulai sejak 16 Mei 2020 di pasar-pasar tradisional di Kota Jayapura. Operasi dilakukan melalui penjualan eceran atau ‘kanfasing’ dan didrop langsung ke pedagang di pasar, pedagang pengecer, dan Rumah Pangan Kita. Selain itu juga perkantoran.

Per hari, kata Dwi, penjualan eceran gula pasir bisa 2 ton, kalau drop langsung ke pedagang pengecer antara 10 sampai 20 ton.

“Animo masyarakat sangat bagus karena harga yang kami jual Rp12.500 per kilogram,” ujar Dwi saat ditemui di Pasar Hamadi, Sabtu (30/5/2020).

Ia menjelaskan, pembelian per orang dibatas, sebab stok gula pasir yang tersedia hanya 400 sampai 500 ton. Per orang maksimal mendapatkan empat kilogram untuk penjualan enceran.

“Jadi, kami tidak jor-joran dulu menjualnya, hanya untuk menstabilkan harga agar masyarakat bisa menikmati gula murah,” katanya.

Loading...
;

Ia berharap operasi pasar gula yang dilakukan secara masif di Kota Jayapura membuat harga gula pasir bisa turun sehingga bisa menurunkan angka inflasi daerah.

Sebelumnya, Kepala Divisi Regional Bulog Papua dan Papua Barat Sopran Kenedi memastikan pasokan gula tetap terjaga di pasar guna memenuhi konsumsi masyarakat.

“Kami sudah sampaikan ke distributor agar menjaga ketersediaan stok dan kestabilan harga pangan,” ujarnya. (*)

Editor: Syofiardi

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top