Follow our news chanel

Previous
Next

Bupati Awoitauw puji peranan masyarakat membangun Kaureh

Bupati Awoitauw (mengangkat tangan), berdiskusi dengan warga di Kampung Lapua, Distrik Kaureh - Jubi/Engelbert Wally.
Bupati Awoitauw puji peranan masyarakat membangun Kaureh 1 i Papua
Bupati Awoitauw (mengangkat tangan), berdiskusi dengan warga di Kampung Lapua, Distrik Kaureh – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Mathius Awoitauw mengapresiasi peran masyarakat dalam pembangunan di Kaureh. Kaureh merupakan distrik terjauh di Kabupaten Jayapura, tetapi wilayahnya sudah lebih berkembang jika dibandingkan dengan kondisi pada 5-10 tahun lalu.

“Apresiasi ini tidak saja kepada masyarakat lokal (Orang Asli Papua), tetapi juga etnik lain yang sudah menetap (dan membaur) di sini. (Di Kaure) sudah ada paguyuban Toraja, Sulawesi, Jawa, Nusa Tenggara Timur, Batak, dan Manado,” kata Bupati Awoitauw, Rabu (4/12/2019).

Dia memuji kontribusi OAP Kaureh terhadap pembangunan. Mereka disebut merelakan lahan mereka digunakan untuk pembangunan infrastruktur, dan sarana-prasarana umum hingga areal perkebunan kelapa sawit swasta berskala besar.

“Ini bentuk kontribusi pembangunan dari masyarakat, dan patut dicontoh. Kita perlu belajar dari masyarakat Kaureh,” ujar Awoitauw.

Bupati Awoitauw juga menyebut sikap masyarakat di sejumlah daerah ada yang sering bertentangan dengan hukum dan menghambat pembangunan. Dia menyontohkan tindakan penyegelan atau pemalangan terhadap sekolah, tempat ibadah, puskemas dan fasilitas umum lain.

“Itu tindakan aneh. Lahan yang luas saja tidak dikelola, tetapi malah menuntut lahan yang digunakan untuk kepentingan bersama (fasilitas umum),” katanya.

Loading...
;

Awoitauw menegaskan sebuah wilayah akan berkembang maju apabila masyarakat memiliki tanggung jawab bersama untuk membangunnya. Karena itu, setiap warga harus berkontribusi dalam pembangunan.

Distrik Kaureh meliputi lima wilayah kampung, yakni Soskotek, Lapua, Sembum, Umron, dan Yadauw. Luas wilayahnya sekitar 4,3 ribu kilometer persegi, dan dihuni 6.925 penduduk. Ibu kota Distrik Kaureh berkedudukan di Lapua.

“Masyarakat di sini sangat komunikatif. Ketika dibutuhkan untuk kepentingan bersama, masyarakat merelakan lahan mereka (digunakan),” kata kepala Distrik Kaureh Najamudin. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top