Bupati Dogiyai Resmi Diberhentikan

Jayapura, Jubi – Bupati Dogiyai Thomas Tigi resmi diberhentikan sementara setelah berstatus terdakwa dalam perkara tindak pidana korupsi sesuai dengan register perkara nomor 40/Pid.Sus-TPK/2015/PN Jap tanggal 27 Juli 2015.

Dengan demikian, berdasarkan surat keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri RI Tjahyo Kumolo, Wakil Bupati Dogiyai Herman Auwe diberikan kuasa penuh untuk melaksanakan tugas dan kewajiban bupati.

“Dengan adanya keputusan ini, saya minta wakil bupati untuk melaksanakan tugas bupati dalam beberapa tahun kedepan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” kata Sekretaris Daerah Papua, Hery Dosinaen, di Jayapura, Selasa (3/11/2015).

Usai menyerahkan salinan SK Menteri Dalam Negeri, Hery meminta Wakil Bupati Herman Auwe untuk menyerahkan salinan keputusan tersebut kepada Ketua DPRD Kabupaten Dogiyai dan juga Thomas Tigi, Bupati Dogiyai non aktif.

“Ini adalah penyelenggaraan pemerintah dan tentunya kita sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku dan keputusan ini akan kami serahkan kepada wakil Bupati Herman Auwe untuk melaksanakan tugas ini dengan penuh tanggung jawab,” ucapnya.

Selain diperintahkan untuk menyerahkan salinan SK Mendagri, Herman Auwe diminta untuk korordinasi dengan semua DPRD, pihak keamanan TNI maupan Polri dan tokoh-tokoh masyarakat, agama.

“Tuntunlah semua SKPD di Dogiyai dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan pelaksanaan pembanguan dan pembinaan kemasyarakatan,” ucapnya lagi.

Loading...
;

Hery berpesan, dalam mejalankan pemerintahan selalu melaporkan kepada Gubernur Papua mengenai apa yang telah dilakukan di Kabupaten Dogiyai, baik menyangkut informasi dan persoalan.

“Aspek penyelenggaraan pemerintahan harus di laporkan, sehingga pemerintah tingkat atas dalam hal ini gubernur mengetahui kondisi objektif di sana dan tentunya dapat memberikan petunjuk-petunjuk, arahan maupun perintah untuk hal-hal yang perlu dilakukan dalam penyelenggaraan pemerintahan,” kata Hery.

Sementara itu, Pelaksana tugas Bupati Dogiyai, Herman Auwe mengatakan siap melaksanakan amanah dari Tuhan untuk menjalankan tugas bupati dalam kurun waktu tertentu, sehingga dapat meningkatkan pembangunan yang ada karena selama ini masih belum berjalan baik.

“Dengan adanya SK dari Mendagri ini saya siap untuk membangun Dogiyai. Kemudian kita mengkoordinasikan instansi vertikal maupun otonomi yang ada terutama pihak TNI-Polri untuk memajukan Dogiyai,” kata Herman. (Alexander Loen)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top