HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Bupati Intan Jaya diminta segera dekati dan tenangkan warganya

Foto ilustrasi, pendaratan pasukan TNI menggunakan helikopter di lapangan terbang Bilogai, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Desember 2019.- IST
Foto ilustrasi, pendaratan pasukan TNI menggunakan helikopter di lapangan terbang Bilogai, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Desember 2019.- IST

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi โ€“ Pemerintah Provinsi Papua meminta Bupati Kabupaten Intan Jaya, Natalis Tabuni untuk segera melakuan pendekatan kepada para warga sipil Intan Jaya yang pasca terjadinya kontak senjata antara TNI/Polri dan kelompok bersenjata. Permintaan itu disampaikan Asisten Bidang Pemerintahan Pemerintah Provinsi Papua, Doren Wakerkwa di Jayapura, Selasa (28/1/2020).

Doren Wakerkwa sangat berharap Bupati Natalis Tabuni segera turun bersama TNI/Polri melakukan pendekatan persuasif (dialog), guna mencari solusi penyelesaian dan mengamankan seluruh masyarakat Intan Jaya.”Saya harapkan [Bupati Intan Jaya] bangun komunikasi, koordinasi yang baik, supaya masalah tidak timbul seperti di daerah lain,” ujarnya.

Pada Minggu (26/1/2020), telah terjadi kontak senjata antara tim gabungan TNI/Polri dengan kelompok kriminal bersenjata di Kampung Jopura, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya. Seorang yang diduga anggota kelompok bersenjata tewas tertembak dalam kontak senjata itu.

Doren Wakerkwa mengatakan Pemerintah Kabupaten Intan Jaya harus melakukan pendekatan kepada masyarakat, agar persoalan tidak semakin meluas. ย “Kalau pemerintah selalu kompak menjalin kebersamaan dengan para tokoh dan aparat keamanan (TNI/Polri), pasti masalah bisa diselesaikan,” kata Wakerkwa.

Wakerwa menyebut Intan Jaya sedang mengalami krisis kepemimpinan pasca Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2017 lalu. Meski Natalis Tabuni telah dilantik sebagai Bupati Intan Jaya, kontestasi Pilkada 2017 masih membuat masyarakat saling berkubu. “Kondisi ini pula yang menyebabkan aktivitas pemerintahan tidak berjalan maksimal, lantaran Bupati kabarnya lebih banyak berkantor di Nabire,” ujarnya.

Wakerwa menekankan seorang bupati wajib memberikan rasa aman dan perlindungan kepada seluruh warganya. “Penting sebagai kepala daerah untuk mengatur sistem penyelenggaraan pemerintahan, membina masyarakat,” katanya.

Loading...
;

Secara terpisah Kepala Bidang Humas Polda Papua, Kombes Ahmad Mustofa Kamal menyatakan pasca kontak senjata pada Minggu kondisi di Kota Sugapa tetap kondusif. “Meskipun kondusif, aparat TNI/Polri tetap meningkatkan kewaspadaan serta melakukan pengejaran terhadap kelompok bersenjata yang kerap melakukan penembakan di wilayah tersebut,” kata Kamal. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa