Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bupati Intan Jaya tinjau jalan Sugapa hingga Kampung Komopa Paniai 

Bupati Intan Jaya tinjau jalan Sugapa hingga Kampung Komopa Paniai

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, meninjau jalan dari Kota Sugapa di Kabupaten Intan Jaya menuju Kampung Komopa di Kabupaten Paniai. Perjalanan menelan waktu hampir 5 jam tersebut ditempuh menggunakan jasa ojek, dilakukan Bupati Tabuni dan rombongan, pada Jumat (29/3/2019) pekan lalu.

Kunjungan tersebut bersama rombongan, dari jajaran Pemkab dan DPRD Paniai serta pastor paroki wilayah itu.

Biaya per ojek sebesar Rp 2 juta, dengan jarak kurang lebih 250 kilometer. Perjalanan ini untuk meninjau perkembangan jalan tersebut serta mencari jalan keluar untuk mempercepat proses pembangunan agar isolasi daerah bisa terbuka.

“Sejak tahun 2009 hingga akhir 2018, dari Sugapa sampai ke Paniai belum terhubung. Namun awal tahun ini sudah terhubung, walaupun jalan belum diaspal,” jelas Bupati Intan Jaya, Natalis Tabuni, kepada Jubi, di Nabire, Senin (1/4/2019).

Dijelaskan Tabuni, biaya pembangunan jalan darat ini dari ibu kota Sugapa menuju kampung Komopa (satu kampung di perbatasan kedua kabupaten ini), menggunakan dana APBD setempat sejak beberapa tahun terakhir yakni sebesar Rp 3 miliar per kilometer.

“Kita pakai anggaran APBD. Mulai dari plotting, pembukaan, pengerasan, porpil, serta pemaritan. Sementara belum bisa pengaspalan karena menelan biaya per kilometernya sekitar Rp 8 miliar dan ini masih tahap perencanaan,” jelasnya.

Loading...
;

Dalam perjalanan tersebut, kata Tabuni, ditemui jalan yang dibangun dengan biaya APBD ini, telah diambil alih kurang lebih tiga kilometer oleh Satker Balai Jalan dan Jembatan Provinsi Papua. Pengambilalihan pekerjaan tersebut belum diketahui pihaknya, baik lisan maupun tertulis.

Padahal, kata Tabuni, seharusnya ada pemberitahuan. Sebab anggaran awal yang digunakan adalah APBD dan jika diambil alih, dirinya berterima kasih karena pihak satker sudah membantu untuk meringankan pekerjaan pemkab.

“Saya senang dan berterima kasih kalau diambil alih ke APBN melalui Satker Bina Marga. Hanya saja, menurut saya, harus ada penjelasan sehingga ada serah terima sebab semua menggunakan uang negara,” katanya.

Kepala Bagian Humas dan Protokoler Kabupaten Intan Jaya, Yohakim Mujisau, menambahkan walaupun pekerjaan jalan tersebut sudah diambil ahli satker, namun belum pernah ada laporkan ke pihak Pemkab Paniai. Padahal status sebelumnya merupakan jalan kabupaten.

“Jadi kami mempertanyakan, bukan berarti mempersoalkan mereka. Tapi yang kami butuhkan adalah pemberitahuan sehingga pekerjaannya tidak tumpang tindih,” tandasnya.

Keduanya berharap kepada Satuan Kerja Jalan dan Jembatan Provinsi Papua, dalam hal ini Bina Marga, dalam penanganan jalan tersebut harus saling koordinasi. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top