TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Bupati Jayapura: 500 rumah disiapkan untuk korban banjir bandang

Kondisi rumah di pinggir Danau Sentani yang masih terendam air - Jubi/Engel Wally
Bupati Jayapura: 500 rumah disiapkan untuk korban banjir bandang 1 i Papua
Kondisi rumah di pinggir Danau Sentani yang masih terendam air – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, memastikan ada 500 unit rumah bagi para korban bencana banjir bandang yang telah disiapkan oleh sebuah yayasan di Jakarta, yang akan mendukung pembangunan ratusan rumah tersebut.

“Untuk bantuan ratusan rumah di sini, tinggal kita memastikan alamat yang bersangkutan dengan kondisi rumahnya. Yayasan Budha Tzu Chi yang akan mendukung pembangunan ratusan rumah tersebut,” ujar Bupati Awoitauw, saat ditemui di Sentani, Minggu (5/5/2019).

Dikatakan, untuk bantuan ini pemerintah daerah akan memverifikasi penerima bantuan sesuai nama dan alamat.

Selain itu, lanjut Bupati Awoitauw, untuk mereka yang akan diantar kembali ke daerah asal dengan menggunakan sejumlah maskapai penerbangan di Bandar Udara Sentani.

“Kita akan koordinasi kembali dengan pemerintah setempat, guna menghitung anggaran yang digunakan dalam proses pemulangan ke daerah asal,” kata Awoitauw.

Sementara itu, Origrnes Kaway, tokoh masyarakat adat di daerah ini, mengatakan dalam proses pemulangan yang akan dilakukan ini harus benar-benar dikoordinasikan dengan pemerintah daerah asal dan harus dipastikan mereka adalah orang-orang yang terkena langsung dampak bencana.

“Karena sudah ditetapkan sebagai permanen dan mengikuti perda yang sudah dibuat, maka pemerintah juga harus serius dalam proses penanganannya sehingga tidak ada kesan main tebang pilih ketika mengantar mereka kembali ke daerah asal,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us