Follow our news chanel

Bupati Jayapura: Fokus utama kita, potensi pariwisata

Kampung Doyo Lama Distrik Waibhu, salah satu spot destinasi pariwisata yang saat ini ramai dikunjungi masyarakat lokal - Jubi/Engel Wally
Bupati Jayapura: Fokus utama kita, potensi pariwisata 1 i Papua
Kampung Doyo Lama Distrik Waibhu, salah satu spot destinasi pariwisata yang saat ini ramai dikunjungi masyarakat lokal – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Menyambut pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, menyebutkan potensi pariwisata di Kabupaten Jayapura sebagai tema besar yang akan diperjuangkan dalam menyambut pelaksanaan PON nanti.

Dikatakan, mengapa harus pariwisata, karena daerah ini memiliki potensi yang sangat luar biasa terkait tema besar yang akan diusung saat ini.

“Infrastruktur, dukungan peningkatan ekonomi, sumber daya alam, tetapi juga sumber daya manusianya. Semua diarahkan untuk kepentingan PON di sini,” jelas Bupati Awoitauw, di Sentani, Selasa (30/7/2019).

Menurutnya, potensi yang menjadi tema besar ini meliputi potensi sumber daya alam, adat istiadat, tradisi masyarakat lokal, dan hubungan emosianal masyarakat yang telah terbina dalam tatanan sosial yang berintegrasi dari berbagai suku dan bahasa yang sudah terjalain begitu lamanya di daerah ini.

“Pelaksanaan PON tidak hanya membawa para atlet dan official saja, tetapi juga semua orang dari berbagai suku bangsa akan datang untuk melihat serta berinventasi di daerah ini. Oleh sebab itu, semua kesiapan dan penyediaan ruang serta fasilitas yang mendukung sudah harus disiapkan dari saat ini,” katanya.

Kepada masyarakat lokal, kata Bupati Awoitauw, ketika saatnya tiba, sementara kita tetap bersantai dan tidak mempersiapakan segala sesuatu termasuk diri kita sendiri, maka dengan sendirinya akan tergilas dan tertinggal dengan arus perkembangan serta kerja-kerja yang akan dilakukan.

Loading...
;

“Tantunya hal ini menjadi perenungan kita bersama, tetapi harus menjadi satu keyakinan bahwa penyelenggaraan iven nasional ini adalah milik kita bersama dan harus dilakukan dengan persiapan dan kematangan diri kita masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, Obaja Ondy, salah seorang pelaku ekonomi di Kabupaten Jayapura, menilai pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura, mempunyai dampak yang sangat besar bagi peningkatan ekonomi masyarakat lokal.

“Tugas pemerintah saat ini adalah mempersiapkan infrastruktur pendukung di setiap tempat yang dianggap layak untuk dijual sebagai destinasi wisata. Dengan kunjungan orang dari luar Papua akan dengan sendiri ada transaksi ekonomi di sana bagi masyarakat setempat,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top