Follow our news chanel

Previous
Next

Bupati Jayapura ingin ada satu data untuk pembangunan

Suasana Raker I Pemantik Kabupaten Jayapura. -Jubi/Engel Wally
Bupati Jayapura ingin ada satu data untuk pembangunan 1 i Papua

Suasana Raker I Pemantik Kabupaten Jayapura. -Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi –  Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan daerahnya belum memiliki satu data akurat untuk digunakan sebagai dasar atau acuan pelaksanaan program pembangunan. Selama ini, kata dia, data di Kabupaten Jayapura masih menggunakan data sekunder di masing-masing satuan perangkat kerja.
“Harus ada satu data yang digunakan dari tingkat kampung dan distrik,” kata bupati, dalam sambutannya di hadapan peserta Rapat Kerja (Raker) I Pemantik Kabupaten Jayapura, di Aula Kantor Bupati Gunung Merah Sentani, Sentani (9/3/2020).
Menurutnya, hanya ada satu data di tingkat distrik, yakni data yang diperoleh dari setiap kampung yang ada di bawah distrik di Kabupaten Jayapura. Dalam pembangunan yang dilakukan, kata dia, semua data harus diambil dari distrik, tidak boleh diambil dari tempat lain.
“Data pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, berapa banyak anak-anak sekolah di kampung, dan berapa banyak petugas kesehatan. Dari data tersebut masing-masing satuan kerja bisa mengambilnya, untuk dijadikan acuan program kerja,” ujarnya.
Dengan data yang bervariasi, lanjutnya, membuat pemerintah mengeluarkan banyak energi untuk melaksanakan program kerja, serta pelayanan kepada masyarakat. Ketika ada dukungan dari pihak luar, dengan minimnya data, maka semua akan turun dengan gayanya masing-masing.
“Distrik harus benar-benar menjadi pusat data, hal ini menjadi dasar kita dalam pembangunan,” katanya.
Sementara itu, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura, Jeffry de Fretes, mengatakan untuk menjadikan Jayapura satu data, selain pendataan rutin di tengah masyarakat, juga dibutuhkan data sekunder dari masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).
“Sensus secara online yang dilakukan saat ini adalah bagian yang terpenting, dalam menyiapkan data secara akurat dari setiap orang yang ada di daerah ini,” katanya. (*)
Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top