Follow our news chanel

Bupati Jayapura kecam dugaan pemalsuan IMB BTN Gajah Mada Sentani

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Sentani, Jubi – Perumahan BTN Gajah Mada Sentani yang terletak di Kelurahan Dobonsolo Distrik Sentani dibangun tahun 2012-2013 dengan mendapat Izin Mendirikan Bangunan (IMB) sebanyak 100 unit rumah.

Tanpa sepengetahuan pemerintah daerah, pengembang membangun sebanyak 300 unit lagi. Ada dugaan dari pemerintah daerah, pengembang menerbitkan 200 IMB palsu.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengecam hal tersebut. Menurutnya, pembangunan pemukiman, sebelumnya harus ada studi kelayakan serta pemetaan yang jelas terhadap kondisi lahan yang akan dibangun perumahan.

“Ini ada indikasi pemalsuan perizinan dalam tahap pembangunannya. Saya pikir ini tidak boleh main-main. Sebagai kepala daerah, kami akan tegas dan menindak siapa saja yang coba-coba melakukan hal seperti ini,” ujar Bupati Awoitauw, di Sentani, Jumat (25/1/2019).

Dikatakan, masyarakat sebenarnya tidak bersalah dan sudah menjadi korban. Ini adalah cara-cara licik yang dimainkan oleh pengembang.

“Pengalaman ini tidak boleh terulang lagi. Dalam waktu dekat kami akan mengundang pengembang, baik yang pertama maupun yang kedua, pihak perbankan, dan tim yang telah dibentuk oleh masyarakat Perumahan Gajah Mada untuk mencari solusi terbaik,” jelasnya.

Loading...
;

Sebelumnya, Kepala Dinas Perizinan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Jayapura, Hanok Puraro, dalam dialog dengan bupati dan warga BTN Gajah Mada, Kamis (24/1/2019), telah melaporkan adanya dugaan IMB palsu bagi 200 unit rumah yang dibangun.

“Ketika 2016 terjadi bencana banjir dan terus berlangsung setiap tahun hingga sekarang, kami akhirnya dipanggil pihak kepolisian untuk dimintai keterangan terhadap apa yang terjadi,” ungkap Hanok Puraro. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top