Follow our news chanel

Bupati Jayapura: Tidak ada alasan kepala kampung berlama-lama di kota

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawancara oleh media di Sentani - Jubi/Engel Wally
Bupati Jayapura: Tidak ada alasan kepala kampung berlama-lama di kota 1 i Papua
Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat diwawancara oleh media di Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awaitouw, mengatakan untuk mewujudkan Jayapura sebagai kabupaten layak anak, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura siap bersinergi bersama masyarakat dan tokoh adat.

“Kita punya sejumlah regulasi yang sudah ditetapkan dan juga sudah dibentuk forum pada tiga tahun lalu untuk Jayapura menuju kabupaten layak anak atau ramah anak. Forum ini diketuai Ibu Sekda,” kata Bupati Awoitauw kepada wartawan di Sentani, Rabu (24/7/2019).

Semua organisasi perangkat daerah (OPD) dan tokoh masyarakat tergabung dalam forum tersebut, tandas Awoitauw, harus bekerja untuk mewujudkan Jayapura sebagai kabupaten layak anak.

“Kebijakan pemerintah daerah untuk mendukung program tersebut salah satunya dengan menjadikan distrik sebagiai pusat layanan publik dan pelatihan. Semua kebijakan dan peraturan bupati sudah dikoordinasikan dengan Kementerian Dalam Negeri dan Bappenas. Semua sudah selesai. Dalam waktu dekat tim akan berangkat keluar untuk mengkolaborasikan dengan berbagai pihak LSM di luar maupun dalam negeri karena mereka tertarik untuk mengikutinya sehingga ini dikolaborasikan,” jelasnya.

Bupati Awoitauw menjelaskan tujuan dilakukannya koordinasi dan kolaborasi dengan berbagai LSM di luar untuk mengatasi rentang kendali pelayanan publik supaya bisa diperpendek.

“Bisa menjadi standar pelayanan minimum yang sesuai dengan dokumen RPJMD yang harus diselesaikan. Tim distrik akan menjadi tim yang solid supaya kampung-kampung bisa terlayani dan berjalan dengan baik, baik di bidang pendidikan, kesehatan, hak-hak anak, dan administrasi kependudukan bisa diselesaikan di bawah,” jelas Bupati Awoitauw kepada wartawan di Sentani, Rabu (24/7/2019).

Loading...
;

Jika hal itu tidak dilakukan, imbuh Bupati Awoitauw, semua pengurusan akan menjadi sulit dan lambat.

“Kasihan kalau distrik-distrik yang jauh ibukota kabupaten, dalam kepengurusan itu bisa datang ke sini dan memakan waktu yang cukup lama bisa berbulan-bulan. Jadi tidak ada alasan untuk aparat atau kepala kampung yang berlama-lama di kota, semua bisa diselesaikan di distrik,” ungkapnya.

Di tempat terpisah, Wahyudin, warga Sentani, mengatakan meski sudah sejak tiga tahun lalu Kabupaten Jayapura dicanangkannya sebagai kabupaten layak anak, namun sampai saat ini belum begitu nampak.

“Kenapa saya bilang begitu, soalnya di kabupaten ini tidak ada taman anak, anak-anak masih main di mana saja yang mereka mau, berarti selama tiga tahun apa saja yang sudah dibuat, sudah berapa distrik yang mempunyai taman anak?ÔÇŁ katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top