Follow our news chanel

Bupati Jayawijaya pastikan pembangunan terus meningkat

Bupati Jayawijaya  pastikan pembangunan terus meningkat 1 i Papua
Pimpinan DPRD ketika menyerahkan sejumlah rekomendasi kepada Bupati Jayawijaya usai pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Jayawijaya tahun 2018-Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – – Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua memastikan jika pembangunan di kabupaten tersebut setiap tahunnya terus meningkat dari berbagai sektor.

Apalagi kata dia, periode akhir Rancangan Pembangunan Jangka Menegah Daerah (RPJMD) Jayawijaya 2013-2018, menunjukkan jika pembangunan terus meningkat setiap tahunnya.

“”Yang telah dicapai ini merupakan pengembangan potensi dasar yang diimplementasikan dalam penyelenggaraan pemerintahan, melalui APBD tahun anggaran 2018 bersama dengan fungsi dasar penyelenggaraan pemerintahan,”” katanya

Pada rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Jayawijaya dalam rangka pembahasan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati Jayawijaya tahun 2018, Jumat (26/7/2019) di gedung DPRD Jayawijaya.

Dia mengklaim, pemerintah sudah melaksanakan sinergi dan harmonisasi pembangunan dengan memperhatikan lingkungan hidup, pendidikan yang berkualitas, pembangunan kesehatan yang prima dan mudah diakses serta pembangunan infrastruktur dan memfasilitasi pembangunan perekonomian rakyat sudah dilaksanakan pemerintah.

Ada pun dampak positifnya, kata dia, dapat dilihat dari turunnya tingkat kemiskinan dari 8,37 persen menjadi 6,81 persen pada akhir masa RPJMD, tingkat pengangguran dari 0,74 persen menjadi 0,59 persen di tengah pembangunan yang terus berlangsung.

Loading...
;

Begitu juga dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang terus mengalami peningkatan, seperti dalam akhir periode RPJMD berada di angka 55,99 persen, yang mana dalam lima tahun mengalami peningkatan 1,7 poin secara nasional.

“Namun IPM di Jayawijaya masih perlu dilakukan peningkatan hingga mencapai 70,81 persen. Yang selaras dengan pencapaian ketahanan pangan yang secara bertahap terus meningkatkan produksi padi baik melalui program ekstensifikasi maupun dari intensifikasi, dimana keberhasilan itu tidak terlepas dari dukungan APBD Jayawijaya yang tiap tahun mengalami kenaikan,”” katanya.

Untuk pelayanan pendidikan, kata Jhon Banua, pelayanan bidang pendidikan dengan fokus peningkatan yang berkualitas, terakses dan merata disemua jenjang pendidikan dasar dari usia 7-12 tahun, sedangkan untuk jenjang pendidikan menengah (13-18).

Di bidang kesehatan, lanjutnya, lebih fokus pada peningkatan mutu serta derajat kesehatan masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas, mudah dan terjangkau.

Selain itu keberhasilan peningkatan kesehatan dapat diukur juga melalui indikator angka harapan hidup (AHA) dimana ini terus meningkat dari tahun ke tahun.

“Berdasarkan data terakhir, AHA Jayawijaya dari 57,71 persen menjadi 58,67 persen, ini menunjukkan kesehatan masyarakat secara umum membaik, namun pemerintah masih harus meningkatkan dan memperbaiki pelayanan kesehatan lagi.

Meski begitu, tiga komisi DPRD yang ada cukup banyak memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah, baik dari berbagai capaian sejumlah sektor maupun hasil yang telah dicapai.

Wakil Ketua DPRD Jayawijaya, Matius Tabuni mengatakan, keberhasilan pembangunan daerah ditentukan beberapa faktor antara lain potensi daerah, kapasitas keuangan daerah, birokrasi, pertumbuhan investasi swasta dan kapasitas masyarakat, kondusifitas, keamanan dan ketertiban serta pendayagunaan teknologi.

Menurut dia, secara hakikat indikator yang menunjukan hasil pembangunan adalah peningkatan kontruktif, serta unggulan daerah, angka pertumbuhan ekonomi, laju inflasi, tingkat kemiskinan dan pengangguran.

“”Rekomendasi DPRD yang telah dibacakan oleh alat kelengkapan DPRD yang disampaikan oleh komisi DPRD Jayawijaya, merupakan usulan dan juga saran yang sifatnya membangun bagi penyelenggaraan pemerintahan di Jayawijaya agar semakin baik pada masa mendatang,”” katanya. (*)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top