HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Bupati Jayawijaya sebut FBLB 2020 bisa batal digelar akibat Covid-19

Pelaksanaan FBLB 2019. -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, menyampaikan kemungkinan besar pelaksanaan Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB) 2020 batal dilakukan. Hal ini berkaitan maraknya wabah Covid-19 (virus corona) yang melanda hampir di seluruh negara.

Menurut bupati, saat FBLB digelar setiap tahunnya, ramai dihadiri turis asing dari berbagai negara termasuk China.

“Ini hasil kesepakatan tim yang dibentuk pemda dan dari evaluasi untuk masalah orang asing, sehingga kemungkinan besar kami akan batalkan FBLB tahun ini,” kata Jhon Banua kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (9/3/2020).

Menurut bupati, jika pelaksanaan FBLB tetap dilakukan sama saja membuka jalan bagi virus ini ke daerah Jayawijaya, karena diketahui virus ini berkembang cepat di daerah bersuhu dingin seperti Jayawijaya.

“Seperti China dan negara asia lain, mungkin di dalam tahap scanner awal tidak ditemukan, namun ketika di daerah dingin akan berkembang virus itu, sehingga kita harus waspada. Namun memang kami akan rapatkan lagi, untuk memastikan pembatalan FBLB tahun ini,” kata Banua.

“Lebih bagus kita korbankan satu event daripada korbankan masyarakat banyak,” sambungnya.

Loading...
;

Untuk mengantisipasi arus orang masuk ke Wamena, kata bupati, pemda akan berkoordinasi dengan Bandara Wamena untuk memeriksa setiap orang yang datang. Meski belum mempunyai alat periksa suhu tubuh yang memadai, lanjutnya, pemda telah menyiapkan tenaga medis untuk ditempatkan di Bandara Wamena, dibantu alat manual untuk memeriksa suhu tubuh setiap penumpang yang tiba.

“Kami pun telah menyiapkan ruangan khusus di rumah sakit jika memang ada yang terindikasi, sebelum akhirnya dirujuk ke RSUD Dok II Jayapura,” katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Jayawijaya, dr. Willy Mambieuw, mengatakan untuk mengantisipasi virus tersebut, pihaknya akan melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah tentang gejala Covid-19.

Baca juga  Bupati Merauke instruksikan semua kepala dinas berada di lapangan

“Baik ciri-ciri sakit Covid-19. Jadi pencegahan lebih kepada pengenalan gejala. Hanya memang kendala di dinas dan puskesmas, kurangnya peralatan medis untuk mendeteksi virus ini,” katanya.

Sebelumnya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jayawijaya, Alpius Wetipo, mengaku selama 2018 jumlah wisatawan yang masuk ke Jayawijaya sekitar 900-an orang.

“Sedang pada 2019 untuk wisatawan asing mencapai 1.339, ditambah dengan wisatawan dalam negeri totalnya mencapai 2.000-an lebih.” (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa