Follow our news chanel

Previous
Next

Bupati  Lanny Jaya beri bantuan modal usaha Rp5 Miliar ke KAPP

Ilustrasi uang rupiah. -Tempo.co
Bupati  Lanny Jaya beri bantuan modal usaha Rp5 Miliar ke KAPP 1 i Papua
Ilustrasi uang rupiah. -Tempo.co

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya memberikan bantuan modal usaha Rp 5 Miliar kepada Kamar Adat Pengusaha Papua (KAPP) kabupaten setempat agar seluruh pengusaha muda Lanny Jaya memiliki usahanya sendiri dan menjadikan mereka pebisnis andal.

Hal tersebut dikatakan Befa Yigibalom, Bupati kabupaten Lanny Jaya saat menandatangani MoU dengan KAPP Lanny, Selasa (23/3/2020).

“Kami berikan bantuan modal usaha kepada KAPP Lanny Jaya agar seluruh pengusaha muda Lanny Jaya mampu berbisnis,” kata Befa.

Ia mengatakan, bantuan modal usaha Rp 5 Miliar ini  merupakan tahap pertama di tahun 2020, dengan harapan KAPP harus menjadikan anak Lanny Jaya menjadi seorang pebisnis.

“Di KAPP sendiri ada 70 – 100 anggota dengan klasifikasi dari persyaratan mereka yang harus diperhatikan adalah sarjana, tidak ikut tes CPNS dan tes DPRD dan mereka itu akan dapat periode pertama,” kata bupati.

Bupati berharap kepercayaan ini dapat dijaga oleh KAPP Lanny Jaya secara baik, dan hasilnya memuaskan, tahun depan kami akan tambah Rp 10 Miliar.

Loading...
;

“Dengan harapan di seluruh daerah Lanny Jaya ini, usaha apapun itu dilakukan oleh putra daerah, dan pemerintah memberikan kepercayaan dana ini untuk dikelola langsung, tidak melalui instansi namun langsung kepada KAPP,” harap Bupati.

Sementara itu, Fredi Ginia Tabuni, Ketua KAPP Lanny Jaya, mengatakan sejak Otsus bergulir tahun 2001 hingga saat ini dari pemimpin ke pemimpin di seluruh tanah Papua, belum ada catatan yang membuktikan bahwa kepala Daerah mencetak anak daerah untuk jadi pengusaha di negerinya sendiri dengan jumlah yang banyak yang seperti dilakukan oleh Bupati Lanny Jaya hari ini.

“Hari ini apa yang dilakukan oleh Bupati Lanny Jaya adalah benar-benar melaksanakan/ mengimplementasikan perintah dari UU Otsus bagi Orang Asli Papua umumnya dan bagi anak asli Lanny Jaya khususnya,” kata Fredi.

Fredi menjelaskan wadah nasional bagi orang Asli Papua yang bernama KAPP yang ada di Seluruh Tanah Papua dari 42 Kab/Kota provinsi Papua dan Papua Barat belum ada kepala daerah yang punya hati dan komitmen untuk kerja sama dengan KAPP sebagai mitra pemerintah resmi yang lahir dari rahim UU Otsus 2001 yang Rohnya berbicara tentang Perlindungan, keperpihakan serta Pemberdayaan bagi Orang Asli Papua yang mendiami di bumi Cendrawasih ini.

“Oleh sebab itu KAPP Lanny Jaya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Bapak Bupati yang mana hari ini telah resmi MoU untuk bantuan modal usaha dengan kami KAPP Kabupaten Lanny Jaya,” kata Tabuni. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top