Follow our news chanel

Bupati Mambra membantah dukungan atas pemekaran Provinsi Teluk Saireri

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Bupati Mamberamo Raya (Mambra), Papua, Dorinus Dasinapa menyatakan, tidak setuju atau menolak wacana sejumlah pihak membentuk daerah otonomi baru (DOB) atau pemekaran Provinsi Teluk Saireri dari Provinsi Papua. 

Ia mengatakan, tidak pernah menyatakan mendukung rencana pemekaran itu dan bersedia menjadi ketua tim pemekaran, serta akan membawa Kabupaten Mambra ke wilayah Saireri. 

"Memang saya hadir saat pertemuan di salah satu hotel di Jakarta beberapa waktu lalu, karena diundang Mantan Menteri Kelautan, Fredy Numbery dan Yorris Raweyai. Ketika itu ada pertemuan para bupati se-Indonesia di Jakarta, sehingga saya hadir," kata Dorinus Dasinapa, Jumat (28/12/2018). 

Meski hadir dalam pertemuan itu menurutnya, ia hanya duduk mendengar apa yang menjadi pembahasan, tanpa mengeluarkan satu pun pernyataan. Ia hadir karena menghargai para seniornya. 

"Saya tidak mengeluarkan pernyataan apa pun, karena saya tahu Mamberamo Raya masuk wilayah adat Tabi," ucapnya. 

Dasinapa justru meminta bukti apakah memang benar ia mengeluarkan pernyataan mendukung rencana pemekaran Provinsi Teluk Seireri dan akan mambawa Mamberamo Raya ke wilayah Seireri. 

Loading...
;

Katanya, jangan ada pihak yang mengeluarkan pernyataan tanpa bukti, karena hanya akan menyesatkan publik. 

"Sebagai salah satu pihak yang memperjuangkan pemekaran Kabupaten Mamberamo Raya, saya tahu betul Mamberamo Raya masuk wilayah Tabi, bukan Saireri," ujarnya. 

Ia berharap, tak ada lagi pihak tertentu yang mencatut namanya dan memprovokasi masyarakat dengan pernyataan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Tidak mencari makan dengan menjual orang. 

"Pemekaran itu jangan untuk cari uang. Pemekaran itu kepentingan rakyat, bukan oknum siapa pun jalan cari uang dengan cara seperti itu," katanya.

Belum lama ini, Sekretaris Dewan Adat Mamberamo, Marthen Tukeji menyatakan menyesal dengan pernyataan Bupati Mamberamo Raya, Dorinus Dasinapa yang menggabungkan Mamberamo Raya ke wilayah Saireri untuk kepentingan rencana pemekaran Provinsi Teluk Saireri. 

"Jangan ganggu kami dengan kepentingan politik. Bupati Mamberamo Raya harus sadar dengan apa yang kami sampaikan ini," kata Marthen Tukeji belum lama ini. 

Ia mengatakan, sejak dulu Kabupaten Mamberamo Raya merupakan wilayah Mamta-Tabi, sehingga tidak dapat digabungkan ke wilayah Saireri untuk kepentingan tertentu. (*) 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top