Follow our news chanel

Bupati Merauke akui masih banyak warganya belum hidup layak

Bupati Merauke, Frederikus Gebze, saat foto bersama masyarakat – Jubi/Frans L Kobun
Bupati Merauke akui masih banyak warganya belum hidup layak 1 i Papua
Bupati Merauke, Frederikus Gebze, saat foto bersama masyarakat – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Bupati Merauke, Frederikus Gebze, mengatakan tahun depan dirinya bersama Wakil Bupati Sularso akan memasuki lima tahun kepemimpinan. Meskipun masih ada kekurangan di sana-sini, namun terdapat instrumen pemerintah yang dijalankan untuk kepentingan masyarakat.

“Kami akui masih banyak yang belum diberikan kepada masyarakat untuk mendapatkan hidup layak sekaligus benar-benar berkembang. Tetapi terdapat instrumen yang telah dilaksanakan,” kata Bupati Freddy, Kamis (31/10/2019).

Bupati Freddy mengatakan husus di kampung-kampung lokal, anggaran yang dikucurkan pemerintah adalah senilai Rp1 miliar lebih. Sedangkan di lokasi eks transmigrasi, anggarannya dikurangi.

Hal itu dilakukan demi memberikan perlakuan khusus. Dimana orang asli Papua harus diperhatikan sungguh-sungguh melalui dukungan anggaran dari pusat, provinsi, maupun kabupaten.

“Jadi setiap tahun, dana desa di kampung lokal, terus mengalami peningkatan. Apalagi kalau ada dana SILPA sebelumnya, saat dicairkan sekaligus, nilai yang diterima sangat besar,” ungkap  bupati.

Alasan dana untuk masyarakat di lokasi eks transmigrasi dikurangi, karena dari tahun ke tahun mereka terus mengalami perkembangan, baik dari sisi pembangunan maupun pendapatan ekonomi keluarga.

Loading...
;

Selain itu, jelas Bupati Freddy, masyarakat di lokasi eks transmigrasi banyak memiliki keahlian sehingga dapat mengolah potensi yang ada untuk mendapatkan uang.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Yohanes Beniama, mengakui kehidupan masyarakat asli Papua di kampung-kampung tak mengalami perkembangan signifikan dibandingkan warga di lokasi eks transmigrasi.

“Tentunya ini menjadi catatan bagi eksekutif dan legislatif untuk terus melakukan pendampingan serta memotivasi masyarakat asli Papua agar terus bekerja,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top