Follow our news chanel

Bupati Paniai berkomitmen hidupkan komunitas Bunaani

papua
Bupati Meki Nawipa memberikan uang tunai kepada perwakilan Bunaani yang disaksikan seluruh anggota Bunaani. - Jubi/Ist

Papua No.1 News Portal | Jubi

Enarotali, Jubi – Guna mendorong ekonomi kerakyatan sekaligus membangkitkan kembali misi dari komunitas Bunaani yang masih melestarikan budaya suku Mee serta perkebunan petatas, keladi, tebu, sayuran, dan pisang, Bupati Paniai, Meki Nawipa, berkomitmen membantu komunitas ini dengan memberikan sumbangan berupa uang dan alat penunjang lainnya.

Hal itu nampak ketika Bupati Meki Nawipa turun langsung ke tempat komunitas Bunaani di Kampung Potigouda, Distrik Yatamo, Kabupaten Paniai, Provinsi Papua, pada Sabtu (21/11/2020). Pada kesempatan itu bupati memberikan bantuan uang tunai sebesar Rp 50 juta, perkakas kebun seperti sekop, parang, kapak, dan linggis.

“Iya, saya datang untuk perkenalan di tempat komunitas Bunaani, sekaligus meminta bantuan untuk tanam kopi. Saya sudah bantu uang Rp 50 juta, sekop 50 buah, parang 50 buah, linggis 50 buah dan kapak 50 buah. Rencana minggu depan saya kasih uang Rp 50 juta lagi,” ujar Meki Nawipa, kepada Jubi, Minggu (22/11/2020).

Setelah dipastikan, menurut dia, hanya komunitas yang mempertahankan identitas diri suku Mee saja, yang bisa mendukung visi dan misinya untuk pengembangan kopi dan jenis pertanian lainnya.

“Selain mereka tanam kopi, saya juga akan memberikan bibit bawang putih, bawang merah, dan kedelai. Syukurlah bahwa mereka sudah bilang bersedia. Jadi yang bisa kerja cuma mereka (Bunaani) saja,” ujarnya.

Baca juga: Akui kreativitas Vitalis Goo, Bupati Paniai janji akan beri sokongan

Perwakilan komunitas Bunaani Potigouda, Simson Mote, berterima kasih atas kehadiran Bupati Paniai yang telah melihat dari dekat kebun dan aneka kerajinan yang mereka buat.

Loading...
;

“Ini sejarah bagi seluruh anggota Bunaani. Sejak Kabupaten Paniai hadir sampai sekarang hanya dia (Meki Nawipa) saja yang datang ke tempat kami,” katanya.

Kepala Distrik Yatamo, Yanuarius Tekege, mengatakan Bunaani merupakan salah satu komunitas yang telah lama berdiri di wilayah Meepago, wilayah di pegunungan tengah Papua.

“Kehadiran bupati ini, kami yakin akan ada perubahan besar-besaran untuk mewujudkan mimpi Bunaani dan juga mimpi pemerintah sebagai ayah yang melindungi anak-anaknya di Paniai. Terima kasih Pak Bupati,” katanya. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top