Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bupati pastikan pembangunan kembali permukiman korban banjir

Permukiman warga yang rusak akibat banjir bandang pada Maret lalu – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Sejumlah warga terdampak banjir bandang Sentani masih menetap di lokasi pengungsian atau menempati permukiman tidak layak huni. Pemerintah Kabupaten Jayapura diminta segera memperhatikan nasib para korban bencana pada Maret tersebut.

“Warga di pesisir Danau Sentani, seperti Kampung Kemiri masih tinggal di SKB (sanggar kegiatan belajar). Pemerintah harus bergerak cepat mengatasi hal tersebut (memukimkan kembali mereka),” kata Ketua Dewan Adat Suku (DAS) Sentani Demas Tokoro, Rabu (11/12/2019).

Menanggapi hal tersebut, Bupati Mathius Awoitauw menyatakan pembangunan kembali permukiman warga di Kemiri akan dilakukan secepatnya. Material bangunan untuk pemugaran masih dalam dalam perjalanan, dan diperkirakan tiba di Kota Jayapura pada pekan depan.

Bupati  Awoitauw mengakui pembangunan kembali rumah warga terdampak banjir bandang mengalami kendala. Itu lantaran masyarakat dinilai kurang kooperatif.

“Kami berupaya membangun gudang untuk menampung barang-barang (material) bangunan yang dibawa dengan kapal dari luar Papua. Namun, pemilik hak ulayat masih meminta uang (ganti-rugi lahan) ke pemerintah daerah,” katanya.

Awoitauw memastikan pembangunan kembali permukiman warga akan dimulai begitu material bangunan tiba di lokasi. “Itu untuk di Kemiri, termasuk perbaikan rumah warga di pesisir Danau Sentani, sebagian di barat Moi dan di pesisir pantai di wilayah pembangunan IV.” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top