HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Bupati Pegubin angkat bicara soal sikapnya dukung Provinsi Papua Selatan

Bupati Pegunungan Bintang, Costan Oktemka berikan keterangan pers kepada sejumlah wartawan di Merauke, Rabu (27/11/2019). – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Bupati Pegunungan Bintang, Costan Oktemka angkat bicara terkait sikapnya yang mendukung pembentukan Provinsi Papua Selatan, serta wacana Kabupaten Pegunungan Bintang untuk menjadi bagian dari calon Provinsi Papua Selatan. Ia meyakini bergabungnya Pegunungan Bintang dengan daerah otonom baru atau DOB Provinsi Papua Selatan akan memajukan pembangunan di Pegunungan Bintang.

“Bagi kami, akses transportasi ke Papua Selatan jauh lebih mudah, murah, dan dekat dibandingkan [akses transportasi menuju] daerah lain di Papua. Itu menjadi salah satu alasan mendasar,” ungkap Costan Oktemka di sela-sela deklarasi lima bupati yang mendukung pembentukan Provinsi Papua Selatan di Merauke, Rabu (27/11/2019).

Costan Oktemka menyatakan selama ini wilayah Pegunungan Bintang (Pegubin) sangat terisolir, sehingga pembangunan maupun pelayanan kepada masyarakat tidak berjalan baik. Sulitnya akses transportasi menuju Pegubin juga membuat harga barang di Pegubin sangat mahal, sehingga biaya pembangunan infrastruktur menjadi sangat tinggi.

Ia meyakini, bergabungnya Kabupaten Pegubin dalam pembentukan Provinsi Papua Selatan akan menjadi solusi untuk mempercepat pembangunan dan pelayanan masyarakat di sana. Ia juga meyakini dampak positif akan terapai ketika semua masyarakat Pegubin menyatakan bergabung dengan Provinsi Papua Selatan.

“Kami tidak harus terus bergantung ke kabupaten lain, mengingat akses juga sangat sulit. Kalau dengan wilayah di Papua Selatan, justru sangat memudahkan, baik transportasi, pelayanan, dan lain-lain,” ujarnya.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Pegubin dan masyarakat Pegubin yang menyatakan sikap bergabung dalam pembentukan Provinsi Papua Selatan. “Hari ini, sejumlah masyarakat Pegunungan Bintang hadir dalam deklarasi sekaligus pembacaan pernyataan sikap untuk memberikan dukungan pembentukan Provinsi Papua Selatan,” katanya. (*)

Loading...
;
Baca juga  Polres Merauke berlakukan pemeriksaan suhu tubuh dan bilas tangan

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa