Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bupati Pegubin usulkan pesawat besar masuk Bandara Oksibil

Ilustrasi bandar udara di Papua – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kabupaten Pegunungan Bintang (Pegubin) mengusulkan kepada Kementerian Perhubungan untuk mengizinkan masuknya pesawat cargo berbadan lebar ke Bandara Oksibil.

Bupati Pegunungan Bintang (Pegubin) Papua, Constan Oktemka, mengatakan subsidi angkutan barang dari Boven Digoel menuju Oksibil sangat memberi dampak positif bagi masyarakat. Hanya saja faktor cuaca yang sering berubah-ubah menjadi salah satu faktor yang harus dipikirkan.

“Oksibil kan daerah yang cuacanya tidak menentu, pagi bagus dalam beberapa jam bisa jelek sehingga dengan masuknya pesawat besar bisa mengangkut barang yang banyak, tidak harus bolak balik,” kata Oktemka di Jayapura, Selasa (21/1/2020).

Menurut ia, awal diberikan subsidi oleh Kementerian Perhubungan pihaknya mendapat porsi terbatas, tetapi dengan melihat kebutuhan masyarakat sehingga kuotanya ditambah.

“Sejauh ini berjalan dengan baik, kami harap ke depan bisa melayani ke distrik, mengingat masyarakat banyak tinggal di sana sehingga dengan adanya subsidi ini berdampak positif bagi masyarakat,” ujarnya.

Selama ini, kata ia, yang melayani angkutan barang ke Oksibil hanya pesawat kecil, sehingga terkadang harus bolak balik, itupun tergantung cuaca.

Loading...
;

“Pelayanan sehari tiga kali, tetapi kalau cuaca tidak bagus satu hari,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Bandara Oksibil, Frits J Ayomi, mengemukakan kondisi geografis Bandara Oksibil dikelilingi pegunungan, cuacanya tidak menentu, dan terdapat dua obstacle (berupa bukit) yang cukup tinggi pada masing-masing ujung runway.

Saat ini Bandara Oksibil memiliki runway sepanjang 1.600 meter x 30 meter. Namun landasan pacu yang bisa digunakan sepanjang 1.350 meter sehingga hanya bisa didarati pesawat sejenis ATR 42 dan Twin Otter.

“Sesuai masterplan, runway bisa diperpanjang hingga 1.700 meter. Dengan demikian, pesawat jenis ATR 72 dapat beroperasi di bandara ini tanpa mengurangi load factor-nya seperti saat ini,” kata Frits. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top