Bupati Tolikara Canangkan 1.000 HPK

Bupati Tolikara, Usman Wanimbo, saat menyerahkan makanan bergizi kepada Ibu hamil – JUBI/Darwes Yikwa
Bupati Tolikara, Usman Wanimbo, saat menyerahkan makanan bergizi kepada Ibu hamil – JUBI/Darwes Yikwa

Karubaga, Jubi – Bupati Tolikara Usman G. Wanimbo mencanangkan 1.000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) di Distrik Kembu/Mamit, Kamis lalu (4/8/2016).

Pencanangan 1.000 HPK dilakukan untuk mengembangkan program pemberian asupan gizi anak dan ibu hamil yang sudah berjalan di Karubaga, ibu kota Kabupaten Tolikara lebih dari dua tahun.

Program 1.000 HPK dipadukan dengan program Gerbangmas Hasrat Papua dari Pemprov Papua.

Bupati Wanimbo mengatakan program tersebut mengurangi gizi buruk pada bayi, menurunkan kematian ibu melahirkan, meningkatnya pertumbuhan kesehatan bayi di atas rata-rata dan ibu-ibu yang belum bisa hamil dan melahirkan anak dengan kondisi yang sehat.

“Saya memberikan apresiasi tinggi kepada tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan Tolikara karena memberikan pelayanan mulia yang hingga saat ini masih eksis. Kami terus mendorong dengan penambahan dana dan tenaga kesehatan untuk mengembangkan program 1.000 HPK ini di seluruh Tolikara,” katanya.

Saat yang sama beliau membuka pos pelayanan 1.000 HPK di Distrik Kembu/Mamit yang disaksikan semua elemen masyarakat di distrik tersebut.

Ia pun berharap semua pemangku kepentingan, terutama poliklinik Papua Harapan, milik direktur Lippo Group, James Riyadi, yang sudah melayani sejak 2014 di Mamit, dapat bekerja sama untuk mewujudkan program 1.000 HPK.

Loading...
;

“Kami patut berbangga karena kami menjalankan program 1.000 HPK dari tempat kecil ini, tetapi bisa memberikan dampak yang sangat signifikan bagi warga di seluruh tanah air,” katanya.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolikara, Ronal Panjaitan, mengatakan pihaknya terus meningkatkan program tersebut sesuai kemampuan dana yang tersedia.

Tahun ini direncanakan dibuka pos pelayanan 1.000 HPK di Distrik Kutime dan Distrik Kembu dengan menempatkan tim gizi 7 orang dan tim VCT mobile.(Darwes Yikwa)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top