Follow our news chanel

Butuh komitmen kuat jaga hutan Papua beserta isinya

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Jayapura, Jubi – Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen menilai, butuh komitmen kuat dari para pemimpin yang ada di provinsi paling timur Indonesia ini untuk menjaga hutan beserta isinya dengan sangat baik. Apalagi Papua memiliki anggrek sekitar 2.900 spesies, begitu juga dengan fauna.

"Semua itu akan punah jika kerusakan hutan terus terjadi. Untuk itu, atas nama gubernur, saya mengimbau dinas kehutanan beserta jajarannya agar menjalankan tugas dengan baik," kata Hery saat membuka rapat kerja teknis kehutanan, di Jayapura, Rabu (17/10/2018) malam.

Ia menyarankan, Dinas Kehutanan membuat satu regulasi yang benar-benar mampu melindungi hutan Papua, karena ketika berbicara berbagai kekayaan alam yang ada, tetapi hutan diporak-porandakan maka semua tidak ada artinya.

"Tidak ada habitat yang nyaman bagi flora dan fauna Papua selain hutan yang tetap terlindungi dengan baik. Untuk itu, saya berharap melalui rapat kerja kehutanan ada komitmen kuat dari setiap aparatur kehutanan 

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Papua, Jan Jap Ormuseray tujuan rapat teknis sebagai saranan konsolidasi kelembagaan, organisasi dalam melaksanakan tugas-tugas pembangunan di sektor kehutanan karena Undang-Undang 23 dan PP 18 baru saja dilaksanakan di Papua.

"Tantangan yang terjadi di lapangan tidak pernah menunggu kita. Oleh karena itu, perlu ada kesepahaman, kordinasi dan langkah yang sama dalam melaksanakan pelayanan termasuk perizinan dan pengawasan di lapangan," kata Ormuseray.

Loading...
;

Ia tekankan, sasaran rapat teknis kehutanan adalah untuk mendukung visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Papua Lukas Enembe-Klemen Tinal, yang tentunya harus selaras dengan rencana kerja dan program besar kehutanan di Indonesia yakni, untuk hutan makin lestari dan rakyat yang sejahtera.

"Kami akan bicarakan semua hal yang selama ini menjadi kendala dalam menjaga hutan Papua, setelah itu baru mencari solusi yang kemudian akan diterapkan dalam menjalankan tugas," ujarnya. 

Sekadar diketahui, saat rapat teknis kehutanan 2018, Pemerintah Korea memberikan bantuan lima unit motor bagi UPT Kabupaten Waropen, Kepulauan Yapen, Keerom, Biak Numfor dan Mamberamo-Sarmi. Serta peta kerja kepada Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Kabupaten Lanny Jaya dan Mimika. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top