TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Cabang Dinas KLH Dogiyai dan Deiyai lakukan reboisasi

Saat penyerahan pohon cemara oleh Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup kepada pihak ketiga. - Ist

Papua No.1 News Portal | Jubi

Enarotali, Jubi – Dalam rangka menjaga lingkungan hidup, Cabang Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Dogiyai dan Deiyai bekerja sama dengan Kelompok Tani (Poktan) Bedeida, melakukan penanaman pohon cemara embun sebanyak 1.123 bibit pohon.
Penanaman dilakukan di Udadimi, Distrik Tigi Timur, Kabupaten Deiyai, pada akhir bulan lalu. Hal ini disampaikan Kepala Cabang Dinas KLH Kabupaten Dogiyai dan Deiyai, Melkias Iyowau, pada Rabu (15/9/2021).
Menurut Iyowau, kegiatan penanaman pohon di hutan rakyat dananya bersumber dari Dana Reboisasi Tahun Anggaran 2021 yang dikelola oleh pihak ketiga bersama poktan masyarakat setempat.
“Kami lakukan penanaman pohon ini sebagai salah satu wujud nyata mendukung visi misi Kepala Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Papua,” katanya.
Pihaknya melakukan beberapa kegiatan yang termuat dalam Rencana Anggaran Kegiatan DPA, yakni pengadaan ATK, monitoring lapangan, kunjungan kepada poktan yang ada (terutama untuk penanaman pohon cemara embun seluas 1 ha).
Selaku PPTK teknis, dirinya mengaku telah mengontrak pihak ketiga yakni CV Wetuwe Jaya yang telah berkerja sesuai jadwal kerja yang telah ditetapkan.
“Kami berkomitmen pada program tahun-tahun mendatang juga melibatkan kelompok tani masyarakat setempat, guna menghijaukan kembali daerah-daerah yang telah gundul akibat kebakaran maupun longsor,” kata dia.
Kepala Distrik Tigi Timur, Kabupaten Deiyai, Lukas Doo mengatakan, pihaknya sangat mendukung program penghijauan tersebut pasalnya daerah yang ia pimpin hampir sebagian tempat sudah menjadi gundul hutannya.
“Kami sangat membutuhkan penghijauan. Kami sangat apresiasi atas program ini. Lanjutkan saja, itu baik sekali,” katanya. (*)
Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us