Follow our news chanel

Cagar budaya daerah ini dipamerkan lewat film pendek

Ilustrasi, pixabay.com
Cagar budaya daerah ini dipamerkan lewat film pendek 1 i Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Pelestarian cagar budaya di Tanah Datar menjadi salah satu prioritas, karena keberadaanya sangat penting bagi pengembangan sejarah dan ilmu pengetahuan.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Batusangkar, Jubi – Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat akan memproduksi film pendek dengan tema sejumlah lokasi cagar budaya di Kabupaten Tanah Datar. Langkah itu dilakukan untuk meningkatkan publikasi dan peran aktif masyarakat dalam pelestarian benda bersejarah.

“Film pendek cagar budaya yang akan dibuatkan di antaranya Balairung Sari Tabek, Medan Bapaneh, Rumah Tuo Kampai Nan Panjang di Rambatan, Makam Tantejo Gurhano di Pariangan, dan Makam Tuan Kadhi Padang Gantiang,” kata Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumatera Barat, Nurmatias, Selasa, (25/2/2020).

Baca juga : Sekitar 76 persen wilayah Supiori kategori kawasan cagar budaya

73 Rumah gadang layak jadi cagar budaya

Bantul Pertahankan Los Pedagang Bangunan Cagar Budaya

Loading...
;

Ia mengatakan pembuatan film pendek tersebut akan bekerja sama dengan mahasiswa jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Konsentrasi Broadcasting Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Batusangkar.

“Mahasiswa tersebut juga telah melakukan kunjungan ke ruang koleksi BPCB dan situs-situs untuk mengumpulkan data-data terkait peninggalan cagar budaya tersebut,” kata Nurmatias menambahkan.

Ia mengharapkan hasil kegiatan tersebut dapat menjadi salah satu bahan publikasi yang efektif, agar masyarakat ikut aktif  melestarikan cagar budaya. Pelestarian cagar budaya di Tanah Datar menjadi salah satu prioritas, karena keberadaanya sangat penting bagi pengembangan sejarah dan ilmu pengetahuan. “Semoga kerja sama antara pihak kampus dengan BPCB dapat ditingkatkan lagi di masa yang akan datang, terutama dalam menggali, melestarikan, dan bahan promosi cagar budaya,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top