Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Calon penumpang kapal laut diminta tak asal berangkat   

Kapal Pelni di Papua
Suasana penumpang saat mudik menggunakan kapal Pelni di Pelabuhan Jayapura, Papua. – Dok. Pelni Cabang Jayapura
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Perhubungan Papua meminta calon penumpang kapal laut milik Pelni untuk mengecek terlebih dahulu apakah daerah tujuannya sudah memperbolehkan kedatangan orang dari luar. Pandemi Covid-19 yang telah berdampak di 424 kabupaten/kota se-Indonesia, dan setiap pemerintah daerah menjalankan berbagai kebijakan untuk mengendalikan penularan virus korona.

Kepala Dinas Perhubungan Papua, Recky Ambrauw mengatakan meskipun Pemerintah Papua sudah membuka akses angkutan penumpang udara, laut dan darat, ada kemungkinan sejumlah daerah dan provinsi lain belum membolehkan adanya arus lalu lintas warga. Ia meminta setiap calon penumpang kapal laut memastikan daerah tujuannya mengizinkan kedatangan orang dari luar daerah.

“Warga yang ingin naik kapal laut harus pastikan baik-baik, jangan asal berangkat. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya, si A sudah beli tiket dengan tujuan Sorong, Papua Barat, tetapi ketika ingin turun ternyata ditolak, lalu bagaimana jika hal ini terjadi,” kata Ambrauw di Jayapura, Kamis (11/6/2020).

Calon penumpang kapal laut diminta tak asal berangkat    1 i Papua

Baca juga: Besok Bandara Sentani buka lagi, penerbangan Jayapura – Jakarta tersedia

Ambrauw menjelasan jadwal dan trayek kapal laut Pelni tidak mengalami perubahan, sesuai ketentuan Pelni. Dengan demikian, masyarakat bisa mengecek informasi itu.

“Soal jadwal dan trayek tetap. Akan tetapi, yang harus dilakukan calon penumpang adalah cek informasi ke daerah tujuan masing-masing. Kewenangan menerima dan menolak arus lintas orang adalah [kewenangan pemerintah] daerah [tujuan]. Untuk hal itu, [pemerintah] provinsi tidak bisa memaksa, karena mereka yang lebih tahu kondisi wilayahnya,” tegasnya.

Terkait persyaratan yang harus dipenuhi calon penumpang, Ambrauw menyatakan setiap calon penumpang kapal laut harus melalui tes untuk memastikan mereka tidak sakit Covid-19. Ambrauw menjelaskan awalnya calon penumpang kapal laut harus melalui tes PCR. Akan tetapi, aturan itu telah diubah, di mana setiap calon penumpang kapal laut hanya diwajibkan mengantongi hasil tes cepat (rapid test) tidak reaktif.

Loading...
;

“Jadi bagi masyarakat yang sudah terlanjur melakukan tes PCR tidak jadi masalah. Begitu juga yang hanya melakukan rapid tes. Intinya semua diterima,” ujar Ambrauw.

Baca juga: Update 11 Juni : 1 pasien Covid-19 meninggal, 12 pasien sembuh

Terkait persyaratan pemeriksaan kesehatan itu, masyarakat yang berdomisili di Kota Jayapura bisa mendatangi Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Papua. Ambrauw menyebut banyak juga calon penumpang kapal laut yang melampirkan hasil tes cepat dari rumah sakit, puskesmas, dan klinik.

“Jadi soal ini sebenarnya semua bisa lakukan [di beberapa rumah sakit], hanya saja mungkin selama ini sosialisasi ke masyarakat kurang, sehingga masih ada yang tidak tahu. Yang penting, surat hasil laboratorium benar-benar valid dan bisa dipertanggungjawabkan,” katanya.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Jayapura, Ferra J Alfaris mengatakan secara umum pihaknya telah siap melayani arus penumpang kapal laut sesuai protokol kesehatan Covid-19 dan petunjuk teknis yang sudah disepakati. “Protokol dan petunjuk teknis yang harus dipatuhi semua calon penumpang kapal laut sudah jelas. Kami imbau kepada seluruh masyarakat yang ingin melakukan perjalanan dengan kapal laut harus melengkapi dulu seluruh persyaratan yang ditentukan,” kata Ferra. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top