Follow our news chanel

Previous
Next

Calon perseorangan sengketakan keputusan KPU Merauke

Ilustrasi masyarakat saat berada di TPS - Jubi/Roy Ratumakin.
Calon perseorangan sengketakan keputusan KPU Merauke 1 i Papua
Ilustrasi pilkada di Papua – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi –  Pasangan Christian Tarigan Gebze-Suyoto melayangkan permohonan sengketa kepada Badan Pengawas Pemilihan Umum Merauke. Mereka berkeberatan terhadap keputusan Komisi Pemilihan Umum setempat yang menggugurkan pencalonan pasangan tersebut sebagai kepala daerah dari jalur perseorangan.

“Betul (Christian-Suyoto mengajukan sengketa). Beberapa hari lalu, mereka bersama tim mendatangi Bawaslu,” kata anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Merauke B Tukedjo, mengonfirmasi melalui telepon, Selasa (3/3/2020).

Christian-Suyoto memperkarakan pengguguran pencalonan mereka selang tiga hari setelah terbitnya keputusan resmi KPU Merauke. Kemarin, merupakan tenggat akhir bagi mereka untuk mengajukan sengketa melalui Bawaslu setempat.

“Banyak terdapat kekurangan (persyaratan) dalam permohonan sengketa. Kami memberi waktu selama tiga hari bagi mereka untuk melengkapinya. Jadi, saat ini masih dalam tahap perbaikan (berkas pengajuan sengketa),” Jelas Tukedjo.

Jika sampai batas waktu tersebut mereka tidak juga melengkapinya, menurut Tukedjo permohonan itu tidak akan ditindaklanjuti. “Kalau semua (persyaratan) dilengkapi, kami undang pemohon (Christian-Suyoto) dan termohon (KPU Merauke) untuk bermusyawarah (mediasi).”

Sebelumnya, Ketua KPU Merauke Maria Theresia Mahuze mempersilahkan Christian-Suyoto mengadukan kepada Bawaslu seandainya berkeberatan terhadap pengguguran pencalonan mereka. “Kami telah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik. Kalau pun bakal calon tidak puas (menolak) dan mengadu ke Bawaslu Merauke, itu adalah hak mereka.” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar              

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top