HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Cari Oscar Gie, polisi datangi Kantor LBH Papua

Polisi saat mendatangi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua di Jayapura, Selasa siang (14/1/2020) - dok LBH Papua.
Cari Oscar Gie, polisi datangi Kantor LBH Papua 1 i Papua
Polisi saat mendatangi Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua di Jayapura, Selasa siang (14/1/2020) – dok LBH Papua.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Sejumlah polisi  berpakaian dinas maupun preman mendatangi Kantor Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua di Kam Kei, Jayapura, Selasa (14/1/2020). Mereka mencari seseorang bernama Oscar Gie.

Direktur LBH Papua Emanuel Gobay menyesalkan tindakan aparat tersebut. Pasalnya, kedatangan mereka tidak dibekali surat tugas penangkapan ataupun penggeledahan.

“Setelah dikabari dari kantor (LBH Papua), saya pastikan mereka (polisi) tidak (dapat) menunjukkan surat tugas. Itu saya sangat sesalkan,” kata Gobay kepada Jubi.

Gobay menilai polisi tidak profesional, dan berharap kejadian serupa tidak berulang. Kewajiban berbekal dan menunjukkan surat tugas diatur dalam etika dan aturan hukum formal.

“Kami ke kantor (berurusan dengan) polisi saja harus tunjukan surat tugas. Itu merupakan etika sebagai penegak hukum,” ujarnya.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Gobay, pencarian terhadap Oscar Gie oleh polisi berkaitan dengan peredaran rekaman video mengenai pendataan mahasiswa eksodus. Sejumlah mahasiswa dalam rekaman itu menyatakan pendataan yang dilakukan Perhimpunan Advokasi Kebijakan dan Hak Asasi Manusia (PAK-HAM) Papua tersebut merupakan tindakan ilegal.

Loading...
;

Gobay memastikan kejadian di Kantor PAK HAM Papua itu tidak ada hubungannya dengan mereka. Begitu pula mengenai sosok Ocar, dia hanya seorang mahasiswa yang sedang bertandang ke Kantor LBH HAM Papua.

“Menurut informasi, (rekaman) video itu dianggap menyudutkan  PAK HAM dan Polda Papua. Adapun Oscar Gie memang dikabarkan berada di LBH Papua, tetapi hanya  bertandang,” jelasnya.

Gobay lantas menyarankan kepada rekan sekantornya untuk meminta polisi melayangkan surat pemanggilan resmi kepada Oscar guna mengklarifikasi isi rekaman video. LBH Papua siap memediasi pertemuan kedua belah pihak.

Menurut Kepala Divisi Ekonomi Sosial dan Budaya LBH Papua Festus Nguranmele, mediasi telah dilakukan pada saat itu juga. Mereka pun siap memediasi kembali apabila polisi melakukan pemanggilan resmi terhadap Oscar. “Kami telah memediasinya sebelum polisi kembali (meninggalkan Kantor LBH Papua).” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top