Follow our news chanel

Cegah kemacetan, Pemkot Jayapura diminta tertibkan terminal bayangan

papua-angkutankota-macet
Taksi di Kota Jayapura, Papua. -Jubi Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura diminta untuk menertibkan terminal bayangan untuk mencegah kemacetan demi keamanan dan keselamatan, kenyamanan, dan kelancaran lalu lintas.

“Terminal bayangan ini cukup mengganggu dan berpotensi menimbulkan kemacetan serta kecelakaan karena taksi (angkutan dalam kota) diparkirkan di bahu atau badan jalan,” ujar salah satu pengendara, Deny Susanto kepada Jubi di depan Mall Jayapura, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua, Sabtu (21/11/2020).

Menurut Deny, terminal bayangan seperti di depan Mall Jayapura dan GOR Cenderawasih serta di depan Saga Abepura, kerap membuat macet, apalagi mendekati perayaan hari-hari besar keagamaan dan pergantian tahun.

“Seharusnya ada pos-pos jaga ditempatkan di situ, sehingga para sopir angkot tidak parkir menunggu dan menurunkan penumpang. Kalau macet tentunya menganggu pengendara lainnya,” ujar Deny.

Di sisi lain, terminal bayangan yang terletak di depan Mall Jayapura dan GOR Cenderawasih misalnya, sangat memudahkan warga yang tidak memiliki kendaraan. Terlebih lagi, untuk melangkahkan kaki menuju Terminal Mesran cukup jauh.

“Kalau kami Entrop dan diturunkan di Terminal Mesran harus bayar dua kali kalau kami mau ke Mall Jayapura. Pemerintah harus perhatikan pengelolaan pelayanan angkutan supaya tidak merugikan kami,” Fransiska Tabuni, warga Kota Jayapura lainnya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura, Justin Sitorus, mengatakan saat ini pihaknya gencar melakukan pengawasan dan penertiban angkutan umum, termasuk menertibkan angkutan yang menunggu penumpang di luar terminal.

Loading...
;

“Semua angkot harus menaikkan dan menurunkan penumpang di dalam terminal. Jangan lagi di ada di luar terminal,” ujar Sitorus.

Dikatakan Sitorus, hal itu dilakukan agar Kota Jayapura rapi dan terhindari kemacetan demi keamanan dan kenyamanan pengendara lainnya.

“Khusus tempat tunggu angkot di depan Mall Jayapura dan di depan Saga Abepura, kami sudah tempatkan petugas, tapi setelah petugas pergi, para sopir angkot kembali lagi menaikkan dan menurunkan penumpang. Saya minta kerja sama dari para sopir angkot, semua ini demi kenaikan kita semua,” ujar Sitorus. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top