HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Cegah korona, Dinkes Deiyai lalukan penyemprotan disinfektan di tempat umum

Dinas Kesehatan Kabupaten Deiyai melakukan penyemprotan disinfektan di Pasar Waghete, Sabtu, (28/3/2020). - Jubi/Abeth You
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Deiyai, Kornelis Pakage, mengawasi penyemprotan disinfektan di Pasar Waghete, Sabtu, (28/3/2020). – Jubi/Abeth You

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Waghete, Jubi –Dinas Kesehatan Kabupaten Deiyai bersama Palang Merah Indonesia Deiyai, TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja Deiyai, dan sejumlah tokoh pemuda melakukan penyemprotan disinfektan di sejumlah tempat umum di Waghete, ibukota Kabupaten Deiyai, Sabtu (28/3/2020). Penyemprotan disinfektan itu dilakukan di Rumah Sakit Umum Pratama, pasar, terminal, Kepolisian Sektor Tigi, Komando Rayon Militer Tigi, Kantor Bank Papua, maupun kios dan rumah warga.

Kepala Dinas Kesehatan Deiyai, Kornelis Pakage mengatakan penyemprotan disinfektan di tempat umum itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus korona di Deiyai. “Penyemprotan disinfektan sudah dilakukan di sekitar tujuh tempat umum. Selain mencegah menularnya Covid19, agar kita menjaga kebersihan di setiap tempat umum,” kata Pakage kepada Jubi, Sabtu.

Ia mengatakan saat ini wabah Covid-19 telah menyebar ke seluruh dunia, dan bisa mencapai Wilayah Adat Meepago. Penyemprotan disinfektan itu merupakan upaya pencegahan terjadinya infeksi virus korona.

“Ini merupakan gerakan kemanusian kami. Dengan wabah Covid-19 itu, semua masyarakat harus lebih mematuhi seruan pemerintah agar dapat memutus rantai penularan,” kata Pakage.

Menurutnya, penyemprotan disinfektan itu akan dilanjutkan pada Senin (30/3/2020). Penyemprotan disinfektan itu rencananya akan dilakukan di sejumlah sekolah dan rumah ibadah. “Dalam satu minggu, kami akan semprot satu kali. Itu kesepakatan kami bersama,” ujar Pakage.

Sekretaris Dinas Kesehatan Deiyai, Simson Mote mengatakan penyemprotan itu dilakukan oleh tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Deiyai yang bekerja sejak Jumat (27/3/2020). Tim itu terdiri dari perwakilan Dinas Kesehatan Deiyai, PMI Deiyai, TNI, Polri, Satuan Polisi Pamong Praja Deiyai, dan para tokoh pemuda.

Loading...
;

“Pos Satgas dipusatkan di Rumah Sakit Umum Pratama Deiyai. Pos kedua [rencananya] akan dipusatkan di Gakokebo, [namun masih menunggu datangnya] alat yang kami pesan [dari] Bandung.  Ya, paling lama dua hari ke depan tiba di Deiyai,” kata Mote.

Selain itu, ada tim pendoa yang akan berkeliling wilayah Tigi, guna meminta perlindungan Tuhan bagi masyarakat Deiyai.”Kami akan lanjutkan dengan sosialisasi, penyuluhan secara individu dan kelompok, juga akan pemutaran film, pemasangan baliho, dan pembagian masker sebanyak 20 ribu,” ujar Mote. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa