Follow our news chanel

Cegah penyebaran corona, sejumlah daerah perhatikan fasilitas umum

Ilustrasi virus korona penyebab COVID-19. - pixabay.com
Cegah penyebaran corona, sejumlah daerah perhatikan fasilitas umum 1 i Papua
Foto ilustrasi, virus Corona. – pixabay.com

“Setidaknya  untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pencegahan virus Corona,”

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Depok, Jubi – Sejumlah daerah mengeluarkan kebijakan khusus di sejumlah fasilitas umum untuk mencegah penyebaran virus corona. Di depok jawa barat misalnya, didirikan Pos Koordinasi kesehatan di Terminal yang melibatkan  Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial.

“Setidaknya  untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai pencegahan virus Corona,” kata Kepala Dishub Kota Depok, Dadang Wihana, Minggu, (8/3/2020).

Baca juga : Pemprov Papua bentuk Satgas Corona 

Cegah corona, Jakarta tutup sementara pelayanan perizinan keramaian 

Raja Ampat minta operator pariwisata cegah corona

Loading...
;

Dadang menyebutkan Posko dibuka mulai pukul 07.00 pagi hingga 17.00 sore yang dijaga sebanyak tiga orang terdiri dari dua dokter dan satu petugas promosi kesehatan.

“Kami sebagai bagian dari tim penanganan dan pencegahan virus Corona yang telah ditunjuk melalui Surat Keputusan Wali Kota Depok, bertugas untuk terus mensosialisasikan pencegahan virus tersebut,” kata Dadang menjelaskan.

Terminal Depok sengaja dipilih karena sebaai simpul pergerakan masyarakat yang paling banyak. Di Posko itu juga disediakan hand sanitizer, masker dan spanduk sosialisasi tentang pencegahan penyebaran virus corona dan gerakan hidup sehat.

Kehadiran posko tersebut juga diharapkan dapat memberi ketenangan dan tidak menimbulkan kepanikan kepada para penumpang yang akan melakukan perjalanan. Hal tersebut terlihat dari jumlah penumpang di Terminal dan Stasiun Depok yang tidak mengalami penurunan.

“Kami sudah cek langsung. Alhamdulillah, di dalam stasiun juga sudah ada posko kesehatannya, demikian pula di simpul transportasi lainnya,” katanya.

Sedangkan Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta meminta kepada seluruh pengelola fasilitas umum untuk menyediakan tempat cuci tangan dan antiseptik guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 atau virus corona.

“Kami harapkan pengelola fasilitas-fasilitas umum menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan juga antiseptik atau hand sanitizer untuk mencegah penyebaran virus corona,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Joko Hastaryo.

Fasilitas umum tersebut bukan hanya yang dikelola pemerintah, namun juga yang dikelola swasta.”Seperti di kantor-kantor pelayanan publik, maupun di tempat-tempat yang banyak didatangi masyarakat,” kata Joko menambahkan.

Anggota tim respon Covid-19 UGM Yogyakarta, Riris Andono Ahmad, meminta masyarakat tidak panik dengan kemunculan virus korona. Penularan penyakit itu dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat dan menjaga kondisi badan.

“Pencegahan yang efektif adalah membiasakan mencuci tangan menggunakan sabun atau cairan antiseptik berbahan alkohol. Biasakan juga hidup sehat dengan berolahraga dan istirahat yang cukup,” kata Riris. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top