Follow our news chanel

Cegah penyebaran COVID-19, Bandara Biak pasang bilik disinfektan

Bandara Frans Kaisiepo di Biak – Jubi/indonesiaairport.com
Cegah penyebaran COVID-19, Bandara Biak pasang bilik disinfektan 1 i Papua
Bandara Frans Kaisiepo di Biak – Jubi/indonesiaairport.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Otoritas pengelola bandara internasional Frans Kaisiepo Biak memasang bilik disinfektan untuk pencegahan penyebaran virus Corona (COVID-19).

Setiap penumpang pesawat yang datang maupun pergi di bandara Frans Kaisiepo Biak yang pastinya akan melewati bilik disinfektan.

Dalam bilik tertutup dan terpasang kipas serta cairan disinfektan itu, berguna untuk mensterilkan virus-virus yang menempel di pakaian.

Bilik desinfektan yang terpasang di Bandara Frans Kaisiepo ini telah terpasang sejak Senin (23/3/2020) dengan ukuran yang pas untuk satu orang. Embun disinfektan akan disemprotkan melalui kipas bertegangan tinggi.

Bilik desinfektan bisa digunakan tidak hanya bagi penumpang tetapi juga bagi pengantar maupun pengunjung, hingga petugas bandara.

“Bandara sebagai pintu gerbang merupakan pintu masuk warga dari dan ke Kabupaten Biak Numfor, oleh karena itu kami memasang bilik disinfektan guna mencegah penyebaran COVID-19 mulai Senin sore,” ungkap General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Frans Kaisiepo Biak Agus Budiharto, di Biak, Rabu (25/3/2020).

Loading...
;

Demi menangkal virus corona, Bandara Frans Kaisiepo juga dilengkapi berbagai sarana selain thermal scanner dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Biak.

Misalnya, di area kedatangan, sebelum melewati bilik disinfektan, para penumpang diperiksa suhu tubuhnya oleh petugas menggunakan thermometer suhu.

Hand sanitizer yang ditempatkan pada 9 titik, lalu penerapan social distancing saat antrean dengan jarak minimal satu meter.

KKP Biak membagikan health alert card (HAC) atau kartu kewaspadaan kesehatan sebagai bukti telah melewati tahapan pemindaian di bandara. HAC wajib diisi oleh setiap penumpang pesawat dari daerah yang juga terjangkit virus corona seperti Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, dan Bali.
Kegiatan ini juga diterapkan kepada para penumpang yang berasal dari Makassar saat berada di Bandara Frans Kaisiepo Biak.

Polres Biak patroli malam

Semerntara itu, personel Satuan Reserse Kriminal Kepolisian Resort Kabupaten Biak Numfor menggelar patroli malam hari untuk melaksanakan penutupan tempat hiburan malam untuk menindaklanjuti maklumat Kapolri dan sesuai instruksi Bupati Kabupaten Biak Numfor dalam upaya penanganan pencegahan penyebaran virus corona (COVID-19).

Kasat Reskrim Polres Biak Numfor, Iptu Oscar F. Rahadian, menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan instruksi Kapolres Biak Numfor, AKBP Mada Indra Laksanta, terkait imbauan Bupati Biak Numfor, Herry Ario Naap, untuk menutup semua tempat hiburan malam, baik cafe maupun tempat karaoke di wilayah Pemkab Biak Numfor.

“Ini merupakan aturan pemerintah daerah untuk sementara ini tidak boleh ada lagi tempat hiburan seperti cafe maupun karaoke dalam rangka mencegah penyebaran virus Corona, jadi kami memberikan sosialisasi di seluruh cafe dan karaoke untuk tidak boleh beroperasi sejak malam ini hingga ada pemberitahuan selanjutnya,” ujar Kasatreskrim dalam keterangan tertulis Selasa (24/3/2020) malam.

Ia mengatakan bukan hanya di cafe dan karaoke saja menjadi fokus sosialisasi serta imbauan juga hal yang sama diberlakukan di toko yang menjual minuman beralkohol bahkan warung kopi atau tempat tempat keramaian/kerumunan orang untuk mengantisipasi potensi penyebaran virus corona.

“Patroli ini akan kami lakukan terus untuk mengantisipasi adanya cafe, tempat karaoke atau tempat-tempat keramaian yang masih saja membuka dan ada keramaian,” tegas Iptu Oscar Rahadian.

Ia mengajak pengelola seluruh cafe, tempat karaoke, toko-toko penjual minuman beralkohol, warung kopi, tempat nongkrong, dan semua tempat yang bisa menimbulkan keramaian untuk mendukung imbauan pemerintah.

“Tidak melakukan aktifitas/atau menutup sementara dalam rangka pencegahan penyebaran virus corona di Kabupaten Biak Numfor hingga ada pemberitahuan lebih lanjut,” tegasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top