Cegah varian Delta, PNG buka program vaksin Covid-19 bagi orang dewasa

Pemerintah Selandia Baru telah mengirimkan 146.000 dosis vaksin AstraZeneca ke PNG pada Juni lalu. - Kementerian Kesehatan PNG

Papua No.1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Papua Nugini telah membuka program vaksinasinya untuk siapa saja yang berusia di atas 18 tahun dalam upaya untuk menyelesaikan persoalan terkait tingkat keraguan vaksin Covid-19 yang tinggi.

Otoritas kesehatan khawatir negara itu akan lebih rentan terhadap varian Delta yang baru akibat tingkat vaksinasinya yang rendah.

Program vaksinasi Papua Nugini dimulai dengan perlahan – sejauh ini baru kurang dari 55.000 orang yang telah mendapatkan suntikan vaksin.

PNG telah mengalami lonjakan kasus Covid-19 yang tinggi dari Maret hingga Mei lalu, dan harus menghadapi berbagai tantangan logistik dalam melaksanakan program imunisasinya di seluruh negeri. Negara ini juga menghadapi masalah akibat tingkat keraguan vaksin Covid-19 yang tinggi, yang menurut pihak berwenang disebabkan oleh informasi yang salah dan media sosial.

Dalam upaya untuk mendorong pekerjanya agar menerima vaksinasi, manajemen Hotel Grand Papua di Port Moresby melakukan sesi sosialisasi yang berkelanjutan.

Mereka juga menawarkan voucher makanan senilai K 100 ($40) kepada stafnya yang bersedia di vaksin.

David Toua dari Steamships Trading Company, yang merupakan pemilik Hotel Grand Papua, menekankan bahwa rencana tersebut mencerminkan ‘betapa pentingnya vaksinasi bagi kami’.

Loading...
;

“Ini adalah insentif tambahan dan pada akhirnya, keluarga mana yang tidak mau mendapatkan K 100 untuk makanan, jadi ini adalah insentif yang baik untuk keluarga,” tambahnya.

“Mereka mendapat bonus karena mereka telah melakukan hal yang benar, jadi menurut saya, kita semua puas.”

Nora Maino bekerja di Hotel Grand Papua dan telah divaksinasi.

“Saya mau menerima vaksin bukan hanya melindungi diri saya sendiri, tetapi untuk melindungi keluarga saya,” tuturnya. ”Orang tua saya tinggal dengan saya.”

Sejauh ini hampir 40% staf hotel telah menerima vaksin dan Maino mengungkapkan banyak rekannya yang baru saja mendaftar untuk menerima vaksin minggu depan.

Kampanye vaksinasi PNG dilakukan menggunakan vaksin AstraZeneca yang disumbangkan oleh Australia, Selandia Baru, dan inisiatif global COVAX.

Pemerintah Tiongkok juga baru saja mengirimkan 200.000 dosis vaksin Sinovac, tetapi awalnya ini hanya digunakan untuk warga negara Tiongkok di negara itu.

Persoalan yang ada dari awal juga masih ada, dimana lebih dari 70.000 vaksin yang disumbangkan akan kedaluwarsa bulan ini sebelum bisa digunakan.

Angka rawat inap telah turun dengan signifikan di PNG dalam beberapa pekan terakhir dan rumah sakit Covid-19 sementara yang didirikan di ibu kota telah ditutup untuk sementara waktu.

Menurut data yang diumumkan, PNG telah melaporkan lebih dari 17.000 kasus Covid-19 dan 173 kematian terkait sejak pandemi dimulai. (Pacific Beat)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top