TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Cina gelontorkan vaksin dan uang ke pemerintahan baru Afghanistan

Cina Papua
Simbol komunis china, pixabay.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Beijing, Jubi – Pemerintah Cina akan memberikan bantuan kepada Afghanistan berupa 3 juta dosis vaksin Covid-19 dan bantuan kemanusiaan lainnya senilai 200 juta yuan atau sekitar Rp441 miliar. Bantuan kemanusiaan 200 juta yuan tersebut, termasuk makanan, obat-obatan, dan peralatan untuk musim dingin.

Menteri Luar Negeri Cina Wang Yi menyampaikan bantuan itu dalam pertemuan virtual dengan beberapa menteri luar negeri negara sahabat, Rabu (8/9/2021) kemarin. Dalam pertemuan itu membahas isu Afghanistan setelah pembentukan pemerintahan baru Taliban.

Dia juga mendesak Taliban untuk bertindak aktif dalam memerangi teroris dan menyerukan kepada semua pihak untuk memperkuat kontrol perbatasan guna mengeliminasi kelompok teroris yang hendak melarikan diri dari Afghanistan.

Baca juga : Cina bantah ambilalih pangkalan militer AS di Afghanistan

Jubir Taliban sebut libatkan Cina bangun kembali Afghanistan 

Kuliah dibuka kembali saat Taliban berkuasa, tapi ….

Wang juga menekankan kepada Amerika Serikat dan sekutunya agar bertanggung jawab memberikan bantuan ekonomi dan kemanusiaan kepada rakyat Afghanistan karena merekalah yang membuat masalah di negara yang berbatasan langsung dengan Daerah Otonomi Xinjiang, Cina, itu.

Pertemuan virtual tersebut diikuti oleh para menteri luar negeri dari Pakistan, Iran, Tajikistan, Uzbekistan, dan Turkmenistan selain Wang Yi sendiri. Sebelumnya, Presiden China Xi Jinping melakukan percakapan via telepon dengan Presiden Tajikistan Emomali Rahmon pada Selasa (7/9/2021) bertukar pandangan tentang situasi di Afghanistan.

Sama dengan Tajikistan, Cina juga sangat berkepentingan dengan Taliban untuk memerangi kelompok teroris Gerakan Islam Turkistan Timur (ETIM) yang beberapa kali berupaya memisahkan Xinjiang yang banyak dihuni etnis minoritas Muslim Uighur itu dari China. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending


Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us