Cilegon luncurkan Go Digital untuk administrasi kependudukan

Ilustrasi aplikasi smartphone, pixabay.com
Cilegon luncurkan Go Digital untuk administrasi kependudukan 1 i Papua
Ilustrasi aplikasi smartphone, pixabay.com

Peluncuran go digital ditandai dengan launching tanda tangan elektronik dan akta kelahiran yang dilakukan menggunakan barcode.

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Cilegon, Jubi – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Cilegong, Provinsi Banten, meluncurkan “go digital” guna memudahkan pencatatan kependudukan di daerah itu. Peluncuran go digital ditandai dengan launching tanda tangan elektronik dan akta kelahiran yang dilakukan menggunakan barcode.

“Jadi kalau Kepala Disdukcapil lagi di luar kota masih tetap bisa terlayani. Kami juga menginformasikan kepada warga bahwa di dalam kartu keluarga (KK) tidak ada lagi tanda tangan Kepala Disdukcapil, tapi diganti dengan barcode,”  kata  Plt Kepala Disdukcapil Kota Cilegon, Hayati Nufus, usai peluncuran go digital, kamis, (20/6/2019).

Berita terkait : Batan luncurkan aplikasi layanan pengelolaan limbah radioaktif

Rumah sakit ini gunakan layanan aplikasi android

2019, Jayawijaya gunakan aplikasi sistem informasi administrasi surat

Loading...
;

Nufus mengungkapkan, selain launching tanda tangan elektronik, Disukcapil juga melakukan penandatanganan kerja sama dengan beberapa pihak swasta. Di antaranya KFC, Asa Sport Center, Krakatau Water World, Kolam Renang Metro Cilegon.

“Jadi bagi anak yang masuk ke tempat tersebut akan mendapat diskon dengan syarat menunjukan KIA bagi anak 0-17 tahun. Ini upaya kami meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pembuatan KIA,” ujar Nufus menjelaskan.

Disdukcapil Cilegon juga melakukan kerjasama dengan Bank BPRSCM terkait data kependudukan. Kerjasama tersebut untuk memudahkan BPRSCM mengakses data kependudukan para nasabah.

Wali Kota Cilegon, Edi Ariadi, menyatakan jumlah penduduk Kota Cilegon dengan ketunggalan identitas yang diakui oleh kementerian dalam negeri sebanyak 416.866 jiwa.

“Beberapa progres penerbitan dokumen yang sudah dilaksanakan Disdukcapil yaitu penerbitan kutipan akte kelahiran bagi anak usia 0 sampai dengan 18 tahun sebanyak 124.108 jiwa yang sudah memiliki akte kelahiran, 92,5 persen dari 134.176 anak,” kata Edi.

Baca juga : Kabupaten dan kota diminta segera terapkan aplikasi OSS

Daerah ini luncurkan aplikasi sistem peradilan pidana anak

Aplikasi CMS-Kasda diterapkan 13 kabupaten/kota di Papua Barat

Sedangkan penerbitan KTP-el di Kota Cilegon sebanyak 296.269, dan KTP-elektronik yang sudah tercetak sebanyak 439.887 dalam penerbitan KK sebanyak 128.751.

Menurut dia, Disdukcapil Kota Cilegon telah melaunching Gerakan Indonesia Sadar Adminstrasi Kependudukan yang bertujuan agar masyarakat sadar akan kepemilikan dokumen kependudukan. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top