TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Cina berharap pertemuan para Menlu hasilkan kesepakan damai Afghanistan

Diplomasi, Papua, Ukraina
Ilustrasi diplomasi, pixabay.com

Papua No.1 News Portal | Jubi

Beijing, Jubi –  Cina berharap pertemuan para menteri luar negeri dunia mampu menghasilkan kesepakan damai di Afghanistan.  Hal itu disampaikan Presiden China Xi Jinping dalam pertemuan ketiga sejumlah menteri luar negeri di Tunxi, Provinsi Anhui, Kamis, (31/3/2022).

“Negara-negara tetangga Afghanistan harus bisa bekerja dengan baik agar menghasilkan konsensus dan upaya koordinatif untuk mendukung rakyat Afghanistan membangun masa depannya yang lebih cerah,” kata Xi dalam pernyataan tertulisnya dikutip Antara.

Baca juga : Cina bantah engambilalihan pangkalan militer AS di Afghanistan
Jubir Taliban sebut libatkan Cina bangun kembali Afghanistan
Puluhan warga Cina dari Afghanistan diketahui positif Covid-19

Xi menganggap Afghanistan sebagai tetangga bersama hal itu diungkap saat memberikan sambutan pembukaan pertemuan para menlu tetangga Afghanistan dan beberapa negara lainnya di wilayah Cina timur itu.

“Kami membentuk komunitas untuk berbagi masa depan yang terikat oleh pergunungan dan sungai,” ujar Xi menambahkan.

Ia menyebut perdamaian, stabilitas, pembangunan, dan kemakmuran telah menjadi aspirasi rakyat Afghanistan.

“Ini juga kepentingan bersama negara-negara di kawasan dan komunitas internasional,” kata pucuk pimpinan tertinggi Partai Komunis China (CPC) itu.

Xi menegaskan negaranya selalu menghormati kedaulatan, kemerdekaan, dan integritas wilayah Afghanistan. Termasuk komitmen mendukung rakyat Afghanistan dalam menciptakan kembali perdamaian, stabilitas, dan pembangunan di negaranya.

“Sejak diluncurkan pada September lalu, mekanisme koordinasi antartetangga Afghanistan ini telah berperan konstruktif dalam mendukung masa transisi di Afghanistan agar berjalan stabil,” kata Xi menjelaskan.

Tercatat Dewan Negara merangkap Menlu China Wang Yi menggelar pertemuan dengan enam negara tetangga Afghanistan, yakni Pakistan, Iran, Rusia, Tajikistan, Turkmenistan, dan Uzbekistan, di Anhui, untuk membahas situasi di Afghanistan. (*)

Editor : Edi Faisol

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us