Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Papua
Ance Boma, salah satu tokoh perempuan Paniai saat vaksinasi di Kantor Dinas Kesehatan Paniai, Rabu (28/7/2021). - Ist

Covid-19 di Paniai mulai terkendali, bupati imbau warga patuhi prokes

Papua No.1 News Portal | Jubi

Enarotali, Jubi – Kondisi penyebaran Covid-19 di Kabupaten Paniai dikabarkan mulai terkendali, namun aktivitas pemerintahan dan masyarakat tetap diimbau untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes).

Hal itu dikatakan Bupati Paniai, Meki Nawipa kepada Jubi, bahwa pihaknya telah membuka akses penerbangan yang akan masuk atau keluar Enarotali, tetapi wajib memperhatikan aturan bagi pelaku perjalanan domestik yakni telah melakukan swab antigen negatif dan mengantongi kartu vaksinasi Covid-19 minimal dosis pertama.

“Sementara transportasi darat entah pribadi, angkutan umum, dan angkutan barang kembali berjalan normal,” ujar Bupati Paniai Meki Nawipa, Minggu (1/8/2021).

Terkait pelayanan kesehatan, menurut orang nomor satu di Kabupaten Paniai ini, pelayanan vaksinasi tetap dilakukan di kantor Dinas Kesehatan setiap hari jam kerja. “Bagi masyarakat yang mau periksa swab antigen dilakukan di RSUD Paniai dan Puskesmas Enarotali,” ucapnya.

“Pemeriksaan swab antigen bagi masyarakat yang memiliki e-KTP Paniai tidak dikenakan biaya, namun bagi masyarakat yang tidak memiliki e-KTP Paniai dikenakan biaya Rp 150 ribu,” katanya.

Aktivitas perekonomian di pasar, kios, dan rumah makan dapat beroperasi secara normal namun patuh pada prokes, sementara aktivitas ibadah di tempat wajib perhatikan protokol kesehatan.

“Proses belajar mengajar di sekolah dapat dilaksanakan secara tatap muka dengan memperhatikan protokol kesehatan, dengan ketentuan 50 persen dari kapasitas ruang kelas. Teknisinya diatur oleh masing-masing guru,” katanya.

Loading...
;

Nawipa juga meminta agar semua pegawai ASN dan honorer, segera kembali melaksanakan aktivitas kerja di kantor dengan mematuhi prokes.

Juru bicara Covid-19 Paniai, dr. Laswan Siallagan mengatakan, pihaknya tetap melakukan pengawasan ekstra ketat terhadap aktivitas masyarakat.

“Kami dari Satgas Covid-19 Paniai meningkatkan kesiapsiagaan dan keterlibatan aktif dalam mencegah, mengantisipasi, dan mengatasi aktivitas masyarakat yang berpotensi terhadap peningkatan penyebaran Covid-19 di Paniai tercinta,” katanya.

Ia mengimbau kepada seluruh komponen masyarakat agar tetap mematuhi prokes 5M yakni memakai masker, mencuci kampung, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Scroll to Top