Follow our news chanel

Covid-19: Tonga lockdown, Vanuatu umumkan Keadaan Darurat

Perdana Menteri Tonga, Pohiva Tuʻiʻonetoa. - RNZI/ Pemerintah Tonga
Covid-19: Tonga lockdown, Vanuatu umumkan Keadaan Darurat 1 i Papua
Perdana Menteri Tonga, Pohiva Tuʻiʻonetoa. – RNZI/ Pemerintah Tonga

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nuku’alofa, Jubi – Perdana Menteri Tonga, Pohiva Tuʻiʻonetoa, telah mengumumkan lockdown nasional di negara itu selama satu minggu, mulai hari Minggu ini, 29 Maret, pukul 1 pagi, hingga Minggu, 5 April.

Lockdown tersebut mewajibkan semua orang untuk tetap tinggal di rumah mereka masing-masing. Sejumlah pengecualian atas perintah isolasi itu berlaku, diantaranya masyarakat yang meninggalkan rumah untuk membeli atau menjual barang konsumsi yang esensial, membeli stok keperluan medis atau memerlukan bantuan kesehatan, melakukan kegiatan perbankan dan pelayanan keuangan lainnya, dan bekerja sebagai anggota penyedia pelayanan yang esensial.

Larangan jam malam juga akan diberlakukan di seluruh pelosok Tonga, mulai jam 8 malam sampai 6 pagi, dan akan ditegakkan oleh polisi, angkatan bersenjata, dan petugas lainnya yang telah ditunjuk.

Semua bar, restoran, klub malam, toko penjual minuman beralkohol, dan produsen minuman beralkohol berizin ditutup. Namun, pasar swalayan dan toko kelontong yang menjual barang-barang esensial akan tetap buka.

Selain itu, ada larangan juga untuk semua pertemuan publik dan acara pemakaman, semuanya tidak boleh melebihi 10 orang untuk pertemuan dalam ruangan, dan 20 orang untuk kegiatan di luar ruangan, keduanya juga harus diawasi petugas resmi.

Sementara itu 800 penumpang telah diterbang keluar dari Polinesia Prancis selama dua hari terakhir. Komisi Tinggi Prancis di Polinesia Prancis berkata, sejak Jumat lalu, sekitar 2.600 turis telah diterbangkan keluar dari Tahiti.

Loading...
;

Presiden Vanuatu telah menyatakan Keadaan Darurat sebagai tanggapan negara itu terhadap pandemi Covid-19. Obed Moses Tallis mengumumkan hal itu Kamis pagi ini (26/3/2020) di Port Vila. Kepulauan Solomon telah mendeklarasikan Keadaan Darurat pada Selasa malam (24/3/2020), setelah negara kepulauan itu memutuskan untuk meningkatkan respons-nya terhadap pandemi Covid-19.

Bandara di Nadi, Fiji, juga akan menghentikan semua penerbangan setelah kasus Covid-19 yang kelima dikonfirmasikan. Kepulauan Marshall dan Federasi Mikronesia telah sepenuhnya menutup perbatasan mereka.

Pemerintah Palau pun telah membatasi kedatangan WNA hingga 9 April. Pemerintah Palau berkata ini dilakukan untuk memungkinkan mereka mendirikan fasilitas karantina. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top