HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

CSR yang memberdayakan, kunci menjaga kelestarian sumber air Cycloops

Sejumlah bangunan perumahan yang hancur akibat banjir bandang 16 Maret 2019 – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Eluay upaya menjaga kelestarian Cagar Alam Cycloops harus ditopang program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau CSR yang memberdayakan masyarakat di kawasan cagar alam itu. Pemberdayaan yang tepat sasaran dinilai menjadi kunci untuk mencegah pembalakan dan pembukaan hutan cagar alam itu.

Eluay menyatakan pemerintah harus mendorong swasta menjalankan program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan bagi masyarakat yang selama ini merambah hutan Cagar Alam Cycloops. Selama ini, para perambah itu diabaikan, dan hanya bisa mendapatkan manfaat ekonomi hutan Cagar Alam Cycloops dengan aktivitas yang berdampak terhadap kelestarian cagar alam itu.

“Selama ini perusahaan perusahaan tidak membina masyarakat yang ada di areal Cycloops. Harus ada program CSR untuk bisa mengolah bahan alam menjadi bahan produksi, sehingga mereka bisa berkreasi untuk mengelola industri kecil menengah tanpa merusak hutan cagar alam,” katanya jubi, Senin (28/10/2019).

Eluay mengatakan badan usaha milik daerah (BUMD) seperti Perusahaan Daerah Air Minum Jayapura dapat didorong menjalankan program CSR yang memberdayakan perambah cagar alam. “Contoh pengelolaan air mineral dalam kemasan yang diproduksi oleh masyarakat binaan PDAM. [Harus ada] kontribusi nyata PDAM bagi masyarakat yang berdomisili di area Cycloops. Hal itu harus dilakukan untuk mengurangi penebangan pohon secara berlebihan di kawasan konservasi,” katanya.

Eluay menyatakan program CSR seperti itu mendesak untu memastikan bencana seperti banjir bandang 16 Maret 2019 tidak terulang lagi. “Rehabilitasi [hutan Cagar Alam Cycloops] juga membutuhkan partisipasi badan usaha milik negara dan BUMD. Apabila sudah ada pembinaan, langkah selanjutnya ialah menegakkan peraturan agar masyarakat tidak menebang pohon di Cycloops,” harapnya.

Baca juga  Presiden Jokowi minta PLBN Skouw jadi pusat perekonomian masyarakat

Ketua Pemuda Peduli Lingkungan Hidup Manase Bernard Taime mengatakan aktivitas masyarakat di dalam Cagar Alam Cycloops harus dilarang. “Karena Cycloops merupakan kawasan konservasi yang harus dijaga dan dilestarikan bersama untuk keberlangsungan hidup kami,” katanya.

Loading...
;

Taime mengatakan pemerintah daerah harus menyediakan pohon buah-buahan untuk menggantiikan pohon Cagar Alam Cycloops yang ditebang itu. “Dari [buah-buahan] pohon itu masyarakat bisa mengambil hasil dan mendapatkan nilai ekonomis dari hasil jualan tersebut,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa