Follow our news chanel

Cuaca buruk, nelayan daerah ini nekat melaut

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Cilacap, Jubi – Nelayan pantai Teluk Penyu Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah nekat melaut meski terjadi cuaca buruk di perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Tercatat jumlah perahu nelayan di Pantai Teluk Penyu yang berangkat melaut pada hari Kamis (24/1/2019) sekitar 100 unit dari total 500 perahu.

"Nelayan tetap berangkat melaut tapi hasil tangkapannya menurun. Cuaca berubah-ubah terus dan gelombangnya juga sedang tinggi, mencapai 3 hingga 4 meter," kata Ketua Kelompok Nelayan Pandanarang,  Tarmuji.

Menurut dia cuaca buruk di perairan selatan Jateng dan DIY telah berlangsung selama empat hari,  namun nelayan tetap nekat melaut demi mendapatkan penghasilan. Nelayan melaut secara "jolokan" atau berangkat pada pagi hari saat gelombang masih tenang dan pulang siang hari sebelum terjadi gelombang tinggi.

"Namun sekarang ini, kapan datangnya gelombang tinggi sulit diprediksi. Hari ini (24/1) saja, gelombang pada pukul 10.00 WIB sudah mulai tinggi, biasanya menjelang siang hari baru tinggi," kata Tarmuji menambahkan.

Pada akhir bulan Januari perairan selatan Jateng dan DIY biasanya banyak terdapat ikan bawal putih dan udang jerbung. Namun cuaca buruk membuat ikan bawal putih dan udang jerbung sulit didapatkan nelayan.

"Kalaupun bisa mendapatkan hasil, satu perahu paling hanya bisa membawa beberapa ekor ikan bawal putih, paling banyak 20 ekor, sedangkan udang jerbung berkisar 5 hingga 7 kilogram,” kata Tarmuji menambahkan.

Loading...
;

Hasil tangkapan itu berbeda saat cuaca sedang baik, nelayan mampu membawa pulang 40 hingga 100 kilogram bawal putih, sedangkan udang jerbung bisa lebih dari 20 kilo gram.

Ancaman cuaca dan minimnya hasil tangkapan membuat harga ikan di Cilacap naik. Tercatat harga ikan bawal putih saat ini bisa mencapai Rp 400 ribu per kilo gram, sedangkan udang jerbung bisa mencapai Rp 230 ribu per kilogram.

"Tapi barangnya belum ada. Kalaupun ada ukurannya kecil, ikan bawal putih enggak ada yang sampai 6 ons per ekor," katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top