Follow our news chanel

Halaman Kerjasama
Kampanye 3M
(Memakai masker, menjaga jarak dan menjauhi kerumunan)

Jubi Papua

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Author :

Papua
Ilustrasi protokol kesehatan - Pexels.com.

Cuti bersama jangan abaikan protokol kesehatan

Papua No.1 News Portal | Jubi

Elelim, JubiPejabat sementara Bupati Yalimo Simeon Itlay mengingatkan warga tetap mematuhi protokol kesehatan dalam penanggulangan pandemi Covid-19 selama masa cuti bersama nasional. Kepada petugas berwenang, dia juga meminta memperketat mobilisasi warga di perbatasan wilayah kabupaten tersebut.

“Warga harus tetap mematuhi protokol kesehatan, yakni selalu mengenakan masker (saat bepergian), menjaga jarak fisik, dan mencuci tangan (sebelum maupun setelah beraktivitas) dengan air mengalir. Ketentuan ini juga berlaku bagi penumpang moda transportasi udara. Mereka diharapkan tidak makan dan minum serta berbicara (mengobrol) selama penerbangan,” kata Itlay dalam keterangan tertulis yang diterima Jubi, Minggu malam (25/10/2020).

Pemerintah memberlakukan cuti bersama pada 28-30 Oktober ini. Cuti diselenggarakan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Ketentuan tersebut tertuang pada Surat Keputusan Presiden Nomor 17 Tahun 2020.

Penyelenggaraan cuti bersama kali ini dibayangi kekhawatiran mengenai kemunculan klaster baru penyebaran Covid-19 akibat meningkatnya aktivitas masyarakat dalam mengisi liburan. Presiden Joko Widodo telah menginstruksikan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mengantisipasi potensi ancaman tersebut.

Itlay mengaku mobilisasi angkutan umum memang sulit dihindarkan di wilayah mereka, tetapi setiap penumpang wajib mengenakan masker. Pengawasan terhadap angkutan juga mesti diperketat lagi.

“Mekanisme pengawasan (di kawasan perbatasan Yalimo) mesti ditingkatkan. Petugas pada pos keamanan maupun kesehatan harus mengawasi setiap angkutan darat dari Wamena, Keerom, dan Kota Jayapura,” jelas Itlay.

Pengumuman pemberlakuan cuti bersama di Pemerintah Kabupaten Yalimo dibacakan Sekretaris Daerah Isak Yando, kemarin. Itlay dalam kesempatan itu juga meminta seluruh pengawai maupun masyarakat memperhatikan ketentuan cuti bersama yang berlaku secara nasional tersebut. (*)

Loading...
;
Scroll to Top