Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Daerah ini akan menjadi percontohan budidaya udang

Fransiskus dengan udang tangkapannya di Kali Jernih. Kali Jernih adalah sebutan warga lokal untuk aliran modifikasi di sebelah Sungai Ajkwa yang dialiri tailing, dibatasi tanggul. Anak-anak biasa mencari ikan atau udang seusai hujan besar, saat aliran air sungai berganti baru - Jubi/Vembri. W

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, JubiKementerian Kelautan dan Perikanan berencana menjadikan Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, sebagai satu lokasi percontohan pembudidayaan udang berkelanjutan.  Pengembangan percontohan budidaya udang berkelanjutan diproyeksikan untuk merealisasikan target peningkatan ekspor udang sebesar 250 persen pada tahun 2024.

“Kami telah beraudiensi dengan Bupati Sukabumi Marwan Hamani mengenai rencana itu,”kata Direktur Jenderal Perikanan Budidaya KKP, Slamet Soebjakto, Minggu, (7/6/2020).

Baca juga  : Harga ikan dan udang tidak kunjung turun di Nabire

Siti Nur Fadilah, bocah penjual ikan dan udang

Slamet mengungkapkan komoditas udang masih menjadi unggulan ekspor perikanan nasional dan penyumbang terbesar devisa ekspor setelah ikan tuna.

“Khusus untuk komoditas unggulan ekspor, kami masih andalkan udang sebagai pendulang devisa ekspor,”kata Slamet menambahkan.

Loading...
;

Tercatat tahun lalu nilai ekspor udang menyumbang 39 persen terhadap total ekspor produk perikanan nasional, tahun 2024 ada target naik 250 persen sehingga mulai tahun disiapkan untuk menggenjot produksi udang nasional.

KKP bersama lintas kementerian terkait telah menetapkan pula peta jalan untuk pengembangan industri budidaya udang nasional.  “Road map sudah ada dan siap eksekusi. Intinya udang ini telah menjadi prioritas nasional, sehingga ada integrasi lintas sektor dalam mendukung pengembangannya,” katanya.

KKP telah merancang pengembangan percontohan dengan model budidaya udang berkelanjutan di daerah daerah potensial, dan Sukabumi diproyeksikan menjadi salah satu objek pengembangan. (*)

Editor : Edi Faisol

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top