Follow our news chanel

Daerah ini hanya dapat 500 blanko KTP elektronik

Ilustrasi KTP-el - Jubi. Dok
Daerah ini hanya dapat 500 blanko KTP elektronik 1 i Papua
Ilustrasi KTP Elektronik – Jubi/Dok.

Disdukcapil mengeluarkan kebijakan mengeluarkan surat keterangan atau Suket sebagai pengganti KTP elektronik sejak 18 Juni 2019.

Papua No. 1 News Portal | Jubi,

Penajam, Jubi – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, hanya mendapatkan 500 keping blanko kartu tanda penduduk (KTP) elektronik dari Kementerian Dalam Negeri atau Kemendagri. Jumlah itu terlalu kecil dan habis untuk pelayanan warga.

“Kami kehabisan blanko KTP elektronik sejak Selasa (18/6/2019) untuk melayani warga,” jelas Kepala Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto ketika ditemui Senin, (1/7/2019).

Baca juga : Target cetak seribu e-KTP di Biak Numfor tercapai

BPJS Wamena bayarkan dana kapitasi dan tagihan klaim bagi 105 PKTP dan 2 FKRTL

Warga keluhkan lambannya pelayanan e-KTP di Manokwari

Loading...
;

Kondisi itu menjadikan Disdukcapil mengeluarkan kebijakan mengeluarkan surat keterangan atau Suket sebagai pengganti KTP elektronik sejak 18 Juni 2019.

Tercatat sekitar 100 lembar suket pengganti KTP elektronik diterbitkan untuk warga yang telah melakukan rekam data sejak blanko KTP elektronik habis. “Kami mengambil blanko KTP elektronik langsung ke Kantor Ditjen Dukcapil Kemendagri di Jakarta,” ungkap Suyanto menjelaskan.

Namun Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Ditjen Dukcapil) Kemendagri, hanya memberikan sebanyak 500 keping blanko KTP elektronik.

Sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi untuk mencegah kecurangan pada Pemilihan Umum atau Pemilu 2019, Kemendagri masih membatasi permintaan blanko KTP elektronik di setiap daerah.

“Jumlah 500 keping blanko KTP elektronik itu diperkirakan akan kembali habis dalam waktu dua pekan untuk melayani penerbitan KTP elektronik warga,” katanya.

Baca juga : Jika tak punya KTP-el, pemilih bisa gunakan hak pilih dengan surat keterangan Dispendukcapil

Pedagang yang tak punya KTP Kota Jayapura hanya boleh berjualan sesuai jadwal

Sebagai prioritas, Disdukcapil Kabupaten Penajam Paser Utara akan mengutamakan warga yang telah menerima suket dan belum memiliki KTP elektronik, serta masyarakat yang belum memiliki identitas atau KTP.

Petugas juga memprioritaskan bagi warga yang kehilangan KTP, warga yang KTP-nya rusak berat dan KTP warga yang habis masa berlakunya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top