Follow our news chanel

Previous
Next

Daerah ini kirim petani belajar tanam padi di lahan kering

Lahan pertanian di Kampung Toware - Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Kupang, Jubi – Pemerintah Kabupaten Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur segera mengirim petani Kabupaten Rote Ndao untuk melakukan belajar cara menanam padi gogo rancah di Pulau Rote, guna mengoptimalkan lahan tidur yang belum dimanfaatkan untuk pertanian.

“Sebagai upaya dalam mengoptimalkan lahan kosong guna meningkatkan kesejahteraan para petani sendiri,” kata Bupati Kupang, Korinus Masneo, awal pekan ini.

Baca juga :  Puluhan ribu hektare lahan pertanian di Sumba Timur terendam banjir  

Sejumlah petani di Sikka gelar ritual adat minta hujan

Panen jagung di Flores Timur turun akibat ulat grayak

Masneo mengatakan di daerahnya terdapat ribuan haktare lahan tidur yang belum dimanfaatkan sebagai lahan pertanian akibat ketiadaan air sebagai sumber air irigasi.

Loading...
;

“Lahan tidur di Kabupaten Kupang sangat luas dan belum dimanfaatkan para petani sebagai lahan pertanian karena terkendala air yang terbatas,” kata Masneno menambahkan.

Sedangkan rencana belajar menanam padi jenis gogo oleh petani sebagai studi banding belajar tentang bagaimana cara mengolah pertanian lahan tidur untuk usaha padi gogo rancah.

Ia menjelaskan ribuan haktare lahan tidur di Kabupaten Kupang dapat dimanfaatkan sebagai lahan persawahan tadah hujan seperti dilakukan petani di pulau Rote yang mampu mendapatkan hasil panen padi yang melimpah pada musim penghujan.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kupang, Pandapotan Sialagan, mengatakan pengiriman petani ke Pulau Rote dilakukan pada akhir  2020.

“Kami sudah memiliki agenda untuk mengirim petani ke Pulau Rote belajar bagimana mengembangkan usaha pertanian gogoranca dengan menanam padi pada lahan kering,” kata Sialagan.

Ia berharap lahan pertanian di daerahnya yang belum diolah bisa dioptimalkan pada musim hujan dengan sistem padi gogo rancah. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top