Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Daerah ini rayakan Idul Adha tanpa sampah plastik

Tumpukan sampah botol plastik yang berada di bibir pantai pulau Deby yang berhadapan langsung dengan jembatan merah Hamadi - Jubi/Agus Pabika

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi –  Kabupaten Musi Banyuasin menggiatkan perayaan Idul Adha tanpa sampah plastik. Hal itu dilakukan karena saban tahun sampah plastik digunakan menyimpan daging kurban Idul Adha sangat besar.

“Jadi, selain tetap patuh pada protokol kesehatan di tengah wabah Covid-19 ini, saya juga mengajak semua masyarakat untuk tidak memakai kantong plastik sekali pakai saat membungkus daging kurban,” kata Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex, Kamis, (30/7/2020).

Daerah ini rayakan Idul Adha tanpa sampah plastik 1 i Papua

Baca juga : Kota Jayapura tekan penggunaan kantong plastik hingga 50 persen

Informasi peredaran beras plastik di Maluku hoaks

DKP Nabire minta masyarakat ikut menjaga pantai dari sampah plastik

Menurut Dodi, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat telah mengeluarkan surat edaran agar semua elemen masyarakat yang melaksanakan qurban tidak memakai kantong plastik dengan cara mencari alat alternatif yang ramah lingkungan.

Loading...
;

“Kantong plastik ini kan sangat sulit hancurnya, mari kita cari alternatif lain penggantinya yang ramah lingkungan, jaga bersama-sama kebersihan di Kabupaten Muba ini,” kata Dodi menambahkan.

Ia menyeutkan sejumlah daerah di wilayah itu membuat wadah anyaman dan mengajak masyarakat menggunakannya sebagai pengganti kantong plastik untuk daging qurban.

Dodi mengimbau warga tetap menggunakan masker dan membekali diri dengan Alat Pelindung Diri (APD) saat Idul Adha mendatang, serta tetap menjaga kebersihan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Musi banyuasin, Andi Wijaya Busro mengajak masyarakat yang melaksanakan qurban membawa wadah sendiri dari rumah masing-masing sebagai pengganti kantong plastik.

“Bawa wadah dari rumah masing-masing, bisa dari anyaman atau daun jati, intinya mari bersama-sama kita tekan penggunaan kantong plastik,” kata Andi.

Menurut Andi DLH Musi banyuasin akan menerjukan tim di lapangan untuk membersihkan sampah-sampah sisa perayaan Idul Adha, dengan fokus di titik-titik pelaksanaan pemotongan hewan qurban. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top