Follow our news chanel

Daerah stabilkan harga kebutuhan pangan

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Surabaya, Jubi – Sejumlah daerah mengaku telah menstabilkan harga kebutuhan pangan saat ramadhan hingga menghadapi lebaran tahun 2018. Dinas Perdagangan Kota Surabaya misalnya, menstabilkan harga daging ayam ras di pasaran yang masih tinggi dengan cara menggelar operasi pasar mandiri di Pasar Wonokromo dan Tambak Rejo.

"Operasi pasar mandiri digelar sejak pukul 06.00 WIB hingga 11.00 WIB. Dalam operasi pasar tersebut, kami menyediakan daging ayam dengan harga Rp 30 ribu per ekor," ujar Kepala Dinas Perdagangan Kota Surabaya, Wiwiek Widayati, Selasa (12/6/2018).

Ia menyebutkan saat ini harga ayam ras terpantau di pasar-pasar tradisional masih tinggi, dengan kisaran harga Rp35 ribu hingga Rp 37 ribu.

Dinas Perdagangan Kota Surabaya, telah bekerja sama dengan beberapa pihak untuk menggelar operasi pasar sejak 5 Juni lalu. Menurut ia, harga daging ayam pada operasi pasar harus normal dan tidak boleh lebih mahal. Bahkan, ketika kerja sama dengan pihak ketiga, harganya pun harus normal dan harus lebih murah.

"Jadi, harga daging ayam yang dijual pada operasi pasar mandiri jauh lebih murah dari pasaran," kata Wiwiek menjelaskan.

Wiwiek memastikan, kualitas daging ayam ras yang dijual pada operasi pasar mandiri sama dengan yang dijual di pasar-pasar tradisional dan terjamin halal dan secara higienis juga terjamin kebersihannya.

Loading...
;

Operasi pasar yang digelar diharapkan tidak ada lagi pedagang yang memanfaatkan kenaikan harga sehingga harga komoditi di Surabaya, terutama daging ayam bisa kembali stabil.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, mengaku stok pangan bagi masyarakat Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara, menjelang hari raya Idul Fitri mencukupi.

"Untuk stok pangan menjelang perayaan Idul Fitri, kami dari pemerintah kabupaten memastikan mencukupi," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kabupaten Minahasa Tenggara Muchtar Wantasen di Ratahan.

Menurut dia, data produksi dan konsumsi per kapita masyarakat Minahasa Tenggara tidak akan terpengaruh dengan lonjakan permintaan pada Idul Fitri tahun ini.

Tercatat saat ini jumlah pangan mencapai 399,55 gram perkapita per hari, karena sampai bulan Mei itu jumlah produksi kurang lebih 662,25 gram per kapita per hari ini di neraca bahan pangan sementara konsumsi per orang 292,7 gram per kapita per hari.

“Ini khusus Ramadhan sekarang," katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top