Follow our news chanel

Daftar pemilih resmi, polisi Kepulauan Solomon siap amankan pemilu

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Kepolisian Kepulauan Solomon (Royal Solomon Islands Police Force; RSIPF) sudah siap menyambut pemilu nasional yang akan dilaksanakan tahun ini, kata Pelaksana Tugas Komisaris Polisi RSIPF, Juanita Matanga. Matanga menerangkan Pemilu Nasional adalah salah satu peristiwa terbesar di negara ini, dan mereka ingin memastikan keamanan tetap terjaga.

“RSIPF telah melakukan berbagai persiapan untuk pemilu ini, khususnya dalam hal pelatihan petugas kepolisian dan bagaimana sumber daya yang ada, akan digunakan selama periode pemilu,” katanya.

Dia menambahkan kalau salah satu masalah yang sudah diketahui oleh polisi adalah terkait jumlah tenaga yang ada.

“RSIPF ingin meyakinkan media dan seluruh rakyat, bahwa kita akan memberdayakan segenap personel kita yang ada saat ini, untuk pemilu nasional mendatang,” tambahnya. Demi melakukan hal ini, tambah Matanga, mereka harus menunda semua izin cuti.

Matanga menambahkan kehadiran polisi akan terlihat di semua TPS dan selama proses penghitungan surat suara, untuk memastikan rakyat benar-benar memanfaatkan hak dalam memilih pemimpin untuk mewakili mereka di parlemen.

Sementara itu, lebih dari 359.000 orang telah mendaftar untuk memilih. Angka ini sudah dipastikan oleh Kepala Kantor Pemilu, Mose Saitala, ketika ia mengumumkan penerbitan daftar pemilih, pada Rabu pekan lalu (16/1/2019).

Loading...
;

Menurut Saitala, “secara keseluruhan, jumlah pemilih telah meningkat dari 287.567 pemilih pada 2014, menjadi 359.690 pemilih pada 2019,” ungkap Saitala kepada wartawan.

Ia menambahkah dari gender, 174.587 pemilih yang terdaftar adalah perempuan (48,54%), sedangkan 185.103 adalah laki-laki (51,46%). (Solomon Star News)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top