Dalam sepekan kasus Covid-19 di daerah ini meningkat hampir 2 ribu kasus

Positif Covid-19 Papua
Ilustrasi, pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Pangkalpinang, Jubi – Dalam sepekan kasus positif Covid-19 di Bangka Belitung naik hingga 1.996 orang dengan jumlah totalnya naik saat ini mencapai sebanyak 23.188 kasus. Sedangkan yang sembuh 864 orang dan pasien positif Covid-19 meninggal sebanyak 39 orang.

“Tercatat hari ini ada 287 orang terkonfirmasi positif COVID-19, sehingga secara nasional menempatkan Babel di urutan ke-17 penambahan harian kasus,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Provinsi Kepulauan Babel, Andi Budi Prayitno Sabtu, (10/7/2021).

Baca juga : Temuan klaster penularan Covid-19, ribuan karyawan pabrik diliburkan

Epidemiolog sebut penularan Covid-19 akhir Juni mencapai 100 ribu per hari 

Penularan Covid-19 daerah di Yogyakarta ini tertinggi dalam sepekan

Saat ini tingkat testing kasus positif Cocid-19 sebesar 32,5 persen, tracing kontak erat 0,7 persen, keterisian tempat tidur rumah sakit 54,1 persen dan tingkat rawat inap rumah sakit per 100.000 penduduk 14,3 persen.

Loading...
;

“Kenaikan kesembuhan yang tidak terlalu signifikan bahkan lebih rendah dari kasus baru di dalam 1 bulan terakhir menunjukkan bahwa perlu segera dilakukan tidak hanya peningkatan tracing dan testing,” kata Andi menambahkan.

Selain itu Satgas juga namun juga melakukan treatment, khususnya kualitas pelayanan kesehatan agar kesembuhan dapat ditingkatkan dan kematian dapat dicegah serta diminimalisasi.

Menurut Andi masih terjadinya penularan Covid-19 yang masif dan kasus kematian di sejumlah daerah ditengarai oleh meningkatnya mobilitas dan kegiatan berkerumun masyarakat di tempat-tempat keramaian dan fasilitas publik, lantaran melalaikan dan mengabaikan atau tidak mengindahkan penerapan protokol kesehatan.

Selain itumasih adanya pemerintah daerah yang tidak menyediakan fasilitas isolasi memadai sebagai wisma karantina terpadu ditambah ketidakdisiplinan mereka yang dinyatakan positif Covid-19 untuk menjalani swaisolasi atau karantina mandiri di rumahnya.

“Ketidakpedulian masyarakat untuk turut serta melakukan pengawasan terhadap orang yang positif Covid-19 ini, menambah panjang daftar orang yang terpapar dan tertular COVID di daerah ini,” kata Andi menjelaskan. (*)

Editor : Edi Faisol

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top